Tuesday, September 19, 2006

Sedikit Cerita Muda Mudi Melayu..

Gw mo cerita tentang keadaan remaja2 di Malaysia, eh bukan remaja aja, maksudnya juga orang dewasa.. 17 tahun keatas gitu..

Mungkin bagi yang gak tahu gimana Malaysia, pasti akan beranggapan bahwa bangsa Melayu ini adalah bangsa yang sopan, santun berpakaian, bagus perilakunya dsb dsb..yg baik2..
Gitu juga gw waktu masih tinggal di Indonesia, dan sama sekali blom tau gimana sih Malaysia ini..

Setelah 3.5 tahun tinggal disini, baru gw ngerti bahwa kehidupan remaja disini gak jauh beda sama Indonesia. Kenapa gw bisa bilang kayak gitu? Yah karena gw menyaksikan sendiri keadaannya..
Seperti halnya Jumat yang lalu, saat mau berangkat ke pool , gw harus ngelewatin danau buatan yang lumayan luas. Disana, di tempat yang agak tersembunyi, keliatan ada remaja berlainan jenis lagi mepet2 dua2an. Dan setelah diamat2in, ternyata si cewek lagi meluk2 sambil nyium2 si cowok.. Astaghfirullah.. . Umur mereka juga mungkin baru 15 tahun-an lah..

Belom lagi kalo kita jalan ke Mall. Pasangan muda mudinya pada peluk2an pinggang pas jalan, kalo lagi duduk, mepettt bener kayak naek angkot. Belom lagi tangan si laki yang jalan kemana2 sambil asyik ngobrol..

Gimana kalo di taman KLCC? Vin, kalo elo pernah liat, boleh ceritain juga tuh. Pernah suatu hari, pas hamilnya Zebby, gw dan suami juga seorang temen lagi jalan ke KLCC. Trus sambil ngobrol, kok yah pas gitu, gw ngeliat ada sepasang kekasih lagi duduk di bangku yang kebetulan agak ketutup pohon. Tapi drama satu babak itu keliatan banget dari posisi kita duduk. Apa yang mereka lakukan? Yah gitu deh, cium2an.. sambil ada acara ngebuka baju si cewek segala.. Ya ampun, ini toh Malaysia?

Asal tau aja, semua cewek yang gw ceritain adalah cewek yang berkerudung. Terus terang, gw kesel banget. Pengen ngehajar si cewek itu rasanya . Jadi cewek murah amat gitu loh..

Belom lagi artis2nya.. Pernah si Nabila, anaknya Amy Search.. ketangkep basah berduaan di hotel sama cowoknya. Ada juga salah satu artis yg terkenal sebagai pemelihara budaya bangsa, eh ketauan anak cowoknya lagi melakukan hubungan terlarang sama lelaki lain yang notabene juga artis.Lagi, barusan.. 2 aktor terkenal ketangkep sama cewek2nya dalam satu kamar dan ditangkep sama JAI (Jabatan Agama Islam).Padahal si aktor ini sudah beristri. Dan masih buanyak lagi artis2 yang ketangkep karena masalah berkhalwat dan kehidupan yg semi bebas ini.

Sebenernya sebagian rakyat Malaysia juga udah mulai was was dengan perkembangan moral remaja Melayu. Tapi apa solusinya, gw gak tau. Kalo cuma was was aja kan percuma.

Yah itulah sedikit cerita, terus terang kalo gw ngeliat hal gitu, hati kecil gw berontak dan gak bisa nerima. Tapi ini bukan negara gw.So apa yg bisa gw lakuin? Hampir gak ada..
Jadi jangan pernah bayangin deh kalo perilaku remaja bangsa Melayu ini lebih baik daripada remaja bangsa kita. No no no! Andaikata ada orang yang bilang seperti itu, gw siap jadi orang pertama yang ngelawan karena gw sering menyaksikan semua itu dengan mata kepala gw sendiri.

1 comment:

Unlimited Wellness said...

salam. secara kebetulan aku mencari cari blog lain, lalu ternampak blog ini, lalu ku buka dan baca apa isinya.
Aku rakyat Malaysia yang tinggal diluar negara dan pernah beberapa kali ke Indonesia.malah rakan rakan kenalan ku ramai warga indon.
Aku berbangsa melayu dan aku juga selalu merasa sedih dengan tabiat buruk bangsa melayu seperti yang diceritakan oleh penulis blog ini.Tapi selagi kita ini adalah manusia, apa juga bangsa kita, dari mana juga kita berasal, kalau yang baik akan tetap baik, pokoknya, baik buruk tidak terletak pada keturunannya, atau negaranya.Di indonesia juga sama, yang buruk prrangai juga ramai.Yang jadi perompak penyamun di Malaysia juga ramai dari Indonesia.Kenapa penulis blog tidak mahu 'highlight' tentang ini?
Tidak baik mencari keburukan orang lain.Ia sama juga macam mengumpat.Apa mengumpat itu memang kerjanya 'mengumpat'.