Tuesday, November 29, 2011

Karipap Makcik Ina

Dedicated to bestfriends.. Kang Iwok, Nunik, kak Moeng dan Mbak Meity :)

Beginilah ceritanya hehehe...
Kita-kita yang tinggal di KL ini selalunya kehausan sama kuliner Indonesia. Ibaratnya kudu nyemplung ke kandang macan pun bakalan dibelain demi makanan Indonesia *kayaknya juga ngga gitu-gitu amat yah? :D*. Nah pada suatu hari, kita janjian sama temen-temen lain buat ngedatengin sebuah warung di Kampung Pandan, KL yang konon terkenal dengan sate dan gule kambingnya. Dengan semangat membara, dibelain ngosongin perut dari pagi, kita konvoi rame-rame ke sana.

Berbekal dengan arahan mas jipies berdasarkan koordinat yang dikasih temen, seharusnya sih udah nyampe, tapi kemana gerangan si warung ini? Akhirnya saya nelpon mbak Dian Paham, salah satu temen di KL, beliau bilang saya harus ngamatin warung-warung makan yang depannya ada asap ngebul-ngebul. Kalo ada, berarti itulah Warung Jawa yang kita cari. Okelah.. Dan saking parahnya, ngeliat orang-orang bakar sampah pun kita bisa girang banget :(

Dengan sorot mata yang lebih teliti dari biasanya, akhirnya kita berhasil menemukan orang yang lagi bakar sate. Wuih baunya udah kemana-mana, bikin naga-naga di perut makin menggonggong #eh. Langsung deh kita nyari meja panjang dan pesen ini itu mulai dari rawon, soto, sate kambing, gule kambing, bakso. Sambil nunggu pesenan dateng, eh nemu bala-bala yang gede dan krispi. Alhamdulillah sesuatu banget hihihi.

Ohya, baru nyadar nih yaa.. pantesan aja kita susah nemu warungnya, ternyata papan nama warungnya dipasang di dalem warung *hadoh*. Gimana mau gampang nemuinnya? :(

Siang itu lumayan terik. Warungnya juga warung biasa banget, jadi siang itu kita berasa mateng luar dalem akibat hawa plus makanan serba panas yang kita pesen. Sayangnya ngga ada teh botol huhuhu.. Sayang sekali :(. Tapi menu yang tersedia sangat menghibur, termasuk temen saya yang juga beli pepes ikan buat makan malem di rumah :D



Selesai makan di Warung Jawa, kita langsung ke masjid yang terletak ngga jauh dari WarJaw. Eh tapi pas ngelewatin masjid, kok ada sebuah tempat dikerubutin orang banyak, asli bikin penasaran. Dan pas kita amati, ternyata ada papan bertuliskan ini:


Woooww, langsung deh berembug sebelom sholat Dzuhur kalo kita harus nyobain karipap ini hihihi. Abis sholat, ehhh para bapak-bapak ternyata udah nongkrong duluan di sana :D. Langsung deh kita nemuin penjualnya dan pesen karipap bull masing-masing keluarga 10 biji. Saya pikir, kita langsung bisa beli dan bawa pulang, ternyata kita harus nunggu giliran loh. Untung banyak bangku-bangku plastik, jadinya bisa numpang duduk. Setelah menunggu sekian lama akhirnya taraaaaaa... Inilah dia Karipap Bull Makcik Ina :D



Bentuknya emang bulet-bulet, ngga seperti karipap pada umumnya yang bentuknya kayak pastel kita. Mungkin buat memudahkan, sebagai penanda bahwa ini adalah karipap spesial dari Makcik Ina. Rasanya? Jangan ditanya.. Bikin sakaw berat hahaha.. Satu ngga bakalan cukup :p Selain jual karipap, Makcik Ina juga jualan kue-kue lain, tapi buat saya, semuanya jadi ngga begitu menarik karena ada karipap ini :)).

Ngomongin tentang karipap, kue yang satu ini emang lumayan mendunia. Ada dua macam isi karipap yang biasa dijual yaitu karipap isi kentang dan karipap isi sardin. Dua-duanya enak. Jenis kulit karipap pun ada dua, kulit karipap yang biasa, dan kulit karipap yang berusar-usar. Saya paling suka yang kulitnya berusar-usar karena renyah mirip pastry. Ini adalah contoh karipap yang kulitnya berusar-usar, saya ambilkan dari fotopages punya Rinnchan.



Begitulah sekelumit cerita tentang bagaimana kita bisa sakaw sama yang namanya karipap, terutama karipap Makcik Ina. Yang makin sakaw akibat tulisan ini, saya mohon maaf sebesar-besarnya.. Hihihi

Triiiinggg!!! *ngilang*

15 comments:

Lidya - Mama Pascal said...

aku tau karipap itu dari upin dan ipin loh mbak :) ternyata mirip pastel ya

Gege said...

iya mbak hehehe.. cuma isinya yang beda :D eh mbak Lidya blognya yg aktif yg mana ya? mau saya masukkin ke blog list :)

tukangecuprus said...

*baca postingan sambil nenggak teh botol* gleg...gleg...gleg..

Lidya - Mama Pascal said...

blognya yang aktif http://www.fitrian.net

:: sary :: said...

hadeeeuh bacanya pagi-pagi nih.. *sembari ngecessss..*

Gege said...

Bang Ragil: bagi dooong, diminum sendiri.. :(
mb Lidya: sip mbak, makasih ya
Sary: hihihi... masih ada 3 biji karipap di meja gw, mau?

vi3 said...

ooo karipap itu kek gitu toh.. manggut2... itu sate satu cucuk 0,80 cent? beli brapa cucuk, ge?

@yankmira said...

aku baru tau kalau karipap itu semacam pastel. hehehhe

@yankmira said...

aku baru tau kalau karipap itu semacam pastel hehehe

Greiche/Gege/Grey said...

mbak V3: beli 10 cucuk perorang mbak :D

mira: iyah mir, kayak pastel cuma beda isi :D

Iwok said...

sakaaaw ...sakaaaaw .... *lari-lari keliling lapangan sambil geber-geber kepanasan* :((

Greiche - Gege - Grey said...

kang Iwok: *ambil selang, semprotin air ke kang iwok yang lagi muter gaber gaber* :D

indahjuli said...

Cih, salah berkunjung pagi hari nih.
Pengeeeen, Gege tanggungjawab, ngiler abis nih.
Karipap sama pastel apa bedanya?
Pastel ada yang isi kentang juga :D

Greiche - Gege - Grey said...

karipap ini berbumbu kari mbak Indah :) isinya mostly kentang, tapi ada juga yg isi sarden dan daging cincang masak kari :)

Dauz Karipapbull said...

terima kasih kerana posting tentang gerai kami..