Tuesday, February 20, 2007

Jaman Dulu Jaman Sekarang

Bener ngga sih kalo seorang nenek tuh sayangnya lebih banyak ke cucu daripada ke anaknya sendiri? Pada setuju gak? Soalnya gw ngebuktiin ini ke nyokap gw sendiri nih...

Kadang, gw suka kesel kalo liat Zebby lagi rewel atau lagi nakal.. Kalo udah gitu, biasanya bawel gw jadi overdosis deh..wong hari2 juga gw emang dah bawel.. Pernah dulu, gw marahin zebby karena suatu hal di depan nyokap gw. Setelah itu, nyokap gw ngomong sama gw..

Mama : Ge, kamu kalo bilangin anak yang lembut dong..
Gw : Abis jengkel..udah dibilangin berkali2 gak nurut. Ntar kalo dia sampe cedera kenapa2,
aku juga yah senewen berat, ma..
Mama : Yah dikasih tau dengan penuh kelembutan..
Gw : Lah dulu kenapa mama sering ngehukum aku pake hukuman fisik?
Mama : Yah itu kan jaman dulu.. Jamannya lain sama sekarang..
Gw : *huhuhu...alesannya gitu, padahal karena yg gw marahin zebby*
Mama :*senyum2*..

Dulu emang gw gak pernah ngerti kenapa mama selalu ngasih hukuman fisik kek militer *hiperbol* gitu ke gw. Gw dah pernah ngerasain dikurung di kamar gelap, direndem di bak mandi, dan masih banyak lagi. Tapi sekarang gw ngerti, kenapa mama gw ngehukum gw kayak gitu.. Yah karena nakalnya Zebby bukan apa2 dibandingin sama kenakalan gw. Misalnya, nyambit anak orang pake sendal jepit, nakut2in anak pake semut rangrang, nyembunyiin tempat bekal makanan temen, berantem sampe idung lawan berdarah, ngejer anak orang sampe dia naek pohon tinggi dan gw nyatronin di bawah pohon sambil makan snack dan si anak nangis2 ga bisa turun.. Yang ada, pasti ortunya dateng ke rumah dan laporan bahwa gw sudah melakukan sesuatu terhadap anaknya..

Belom lagi kalo gw iseng.. Pernah ada ayam piaraan tetangga *tepatnya dah kakek2* lagi berdiri di pinggir jurang dalem. Ga tahu kenapa, gw kagetin tuh ayam dan nyemplung ke jurang. Tapi si ayam *Vin, kok gw jadi ngomongin ayam lagi..tadi kan udah kita ngomongin ayam berempat sama MA dan Akang hihihi* ternyata ngga nyemplung sampe ke dasar jurang. Si Ayam nyangkut di semak2 yang tumbuh di pinggir jurang. Pas gw mo nolongin ayam tadi, si kakek empunya dateng dan ketauan deh gw.. Akibatnya si kakek teh ngejar2 gw keliling perumahan, selama 2 jam, nyariin gw. Untung gw lagi ga bawa sepeda, jadi gw bisa ngumpet di kios rokoknya orang sampe hampir Maghrib. Pas nyampe rumah, ternyata si kakek dah laporan ke bokap gw. Waduh, abis deh gw..batin nih. Ternyata dugaan gw salah, bokap malah belain gw loh. Bokap bilang ke si kakek, kalo ayam piaraannya keliling ke rumah gw lagi dan nyemil-in taneman hias bokap gw, maka bokap gw ga akan segan2 untuk nangkep dan nyate tuh ayam.. Hihihi..
*tuh kakek emang rada nyebelin emang*...

Tuh kan, gw pikir2 lagi emang kenakalan zebby mah ga ada apa2nya sama gw.. Jadi intinya, gw tuh ga perlu marah2 sama Zebby..*winks*

Tapi dengan didikan setengah keras seperti itu, udah ngejadiin gw sebagai seseorang yang lumayan bisa jaga diri lah, dibandingin sama adek cowok gw. Dia ga bisa dikerasin soalnya pas kecil suka sakit2an..

Pengalaman hidup yg gw ga pernah lupa adalah, saat gw pulang sekolah SMA, malem2 abis eskul, gw lewat jalan pintas yg agak gelap, lewat rumah penduduk tapi sepi. Gw papasan sama 3 orang laki2 yang nangkep gw, satu megang tangan kanan, satu megang tangan kiri dan satu jaga2. Alhamdulillah, gw bisa selamat saat itu dari bahaya. Gw tendang "itu" nya para cowok dan gw ambil langkah seribu. Pas nyampe rumah, gw lapor sama papa, trus kita kejar dia pake mobil tapi gak ketemu. Gak papa, yang penting gw selamat...

Sekarang, perlakuan nyokap ke gw lain sama sekali. Beliau udah memperlakukan gw sebagai seorang wanita dewasa *huwekk* dan kalo kita ngobrol, rasanya ati gw adem banget. Jujur nyokap gw juga makin lembut dan sabar, secara waktu masih muda dulu, belio juga rada preman. Pernah belio berantem sama laki2 yg ngegoda belio pas ngejemput gw pulang dari TK. Abis tuh lelaki, kena balang sama selop nyokap yg 5 centi ..hihihi...
Makanya, gw dah gak sabar banget nunggu Juni, mau liburan ke Malang.. Kangen sama Mama..Justru udah gede gini gw malah sering dimanja.. maklum, pas masih kecil dulu ga pernah hihihi..

Ps. Makasih yah Ma, udah jadiin aku strong kayak gini meskipun ga sampe kayak Samson.. I love u, Ma..

No comments: