Monday, December 19, 2005

Gue Kecolongan...!

Ini cerita tentang Zebby...
Gw lumayan strict sama Zebby tentang TV.. dan acara yang dia boleh tonton ya acara untuk anak-anak di TV3 aja dari jam 9-10 pagi..Ya Sesame Street, Dora The Explorer, Blue Clues, Bob The Builder, Rugrats dan terakhir yang dia mulai attach tuh..si Pingu!..Laennya dia cuma nonton VCD Baby Songs dan Sesame Street..itu ajah...
Nah ceritanya sekarang dia udah mulai mahir nyetek2 tombol yang ada di TV dan VCD player..Kadang pas CD lagi play, dia stop..atau dia pause dan bisa juga TV/AV-nya yang dia pijit..
Mijit tombol TV/AV ini yang gw anggep sebagai kecolongan itu..Tau sendirilah gimana acara TV..dimana-mana..sama!!..Yang ada cuplikan film/drama/sinetron..ada acara pukul2an, tangis2an dan lempar2an..Ini nih yang gw tuh gak suka banget kalo Zebby nonton TV.Kalo sekedar liat iklan, bolehlah..tapi pas di antara 2 iklan itu kan suka diselipin cuplikan sinetron atau drama untuk hari tertentu..
Kira-kira seminggu yang lalu, dia kayak biasa nonton VCD..tiba-tiba dia nangis ngejerit dan gue liat posisinya VCD player lagi play tapi tampilannya kok acara TV?..Rupa2nya dia mencet tombol TV/AV itu..Dan saat yang sama gue liat..ampun..! Sinetron Malaysia yang adegan suami lagi mukulin istri dan istrinya ngejerit2..Kaget juga gw..dan langsung gw peluk dia..Gw berusaha explain ke dia kalo hal itu ngga baik..Dia keliatan rada stress gituh..
Besoknya..kejadian yang sama terulang lagi..Oh God..kenapa gw bisa kecolongan lagi?
Sejak malam itu, pas tengah malem dia kebangun..nangis dan langsung dengan nada memelas dia minta dipeluk..Dia ngerasa ketakutan banget..Gw kasian banget liatnya..dan untuk nidurin dia lagi, susah banget..Almost all the night dia kayak gitu..kebangun lagi dan lagi..
Akhirnya gw berusaha ngejaga banget supaya dia gak sampai nonton tayangan itu lagi. Gw awasin betul..Sampai hari ini dia masih suka kebangun tengah malem, tapi alhamdulillah sudah jauh berkurang ketimbang beberapa hari lalu..Dan dia juga sudah ngga minta dipeluk-peluk lagi..Kalo kebangun ya, cuma nangis biasa aja..
Begitu besar ya dampak sebuah acara TV buat seorang balita..Yang lagi getol-getolnya eksplorasi kemana-mana, suka niru gaya, perilaku dan bicara..
Bayangin aja kalo kita gak kontrol anak kita, bisa jadi mungkin dia akan suka mukul, bentak-bentak dan agak2 kriminal pas besarnya..How can?..Yah kena doktrin dulu sama TV..dia pikir yang ada di TV itu bagus..bisa ditiru..
Makanya, yang nitipin anak untuk dijaga sama pembantu, harus tau gimana perilaku si pembantu itu sama baby kita..Soalnya ada pengalaman temen, karena pembantunya males, si balita tadi disetelin TV dan si pembantu bisa ngegosip sama pembantu laen di sebelah rumah dia..So, be careful!
Yang jelas,gw nyesel setengah mati deh..Gak akan pernah ada acara TV lain buat Zebby selain yang udah disebutin sebelumnya..Untungnya dia takut liat adegan itu, jadi gw bisa antisipasi sebelumnya..Coba kalo dia tertarik dengan adegan itu, mungkin gw lebih susah ngatasinnya..
Many thanks to God..gw bisa ngatasin hal ini pelan-pelan..

2 comments:

keluarganugraha said...

waduh ge, deeja skarang juga mahir banged tuh nyalain dvd.. maen remote... dia udah ngerti tombol-tombolnya...

jadi skarang remote apsti kita simpen di atas lemari..
trus tombol-tombol yang ada di tivinya, kita tutup pake gabus dan ditutup lagi pake selotep gede... jadi dia bener-bener gag bisa neken-neken..

satu-satunya yang dia bisa maenin cuman dvd doank, itu juga udah kita pasang dvd khusus buat dia... jadi tiap kali nyalain, langsung yang terpampang ya nyanyi-nyanyi buat dia.. ampe gw boseeeeeeeeennnn... bwegegege... :D

astri

dinda-dimas said...

blom keluar bogor kok ge, kyknya nih, posisinya ditengah2 antara sentul n bogor, wong kl kt dr arah bgr, kita beloknya tuh depan hotel pangrango (belok kanan) terus deh ngikutin jalan hehehe kyk nya gampang banget ya, hiks! abis aku liat gbr dipeta sih ge, jd keliatannya gampang hehehe