Monday, December 12, 2005

Cuti Agung di Negeri Selangor, Malaysia

Haiii...libur nih gw hari ini..Asyik..bayangin aja weekend sampai 3 hari!!.
Lucunya, hari Senin ini yang libur cuma di Selangor..Selangor ini suatu negeri bagian Malaysia yang didalamnya ada Daerah Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur dan Daerah Wilayah Persekutuan Putrajaya..Kalo di Indonesia, Selangor ini mungkin kayak Jawa Barat gitu loh..di dalemnya kan ada DKI, ya ngga?

Sedikit ulasan..Kuala Lumpur (KL) adalah ibukota Malaysia tapi bukan tempatnya pusat pemerintahan..Nah pusat pemerintahan Malaysia sendiri ada di Putrajaya..Tempatnya kantor Perdana Menteri dan menteri2 juga termasuk rumah-rumah dinas pejabat di pemerintahan..Jadi kalo kita ke KL..ya ayuk jalan-jalan aja..Kalo ke Putrajaya..ayuk nengok kantor PM..



Foto kita bertiga di depan kantor PM

Di kompleks kantor PM sendiri suasananya enak..trus kita bisa ambil foto di depan gedungnya..
Deket kantor PM itu ada masjid besar namanya Masjid Putra.Masjid ini punya kompleks pertokoan dan food court.Jadi kalo abis sholat, kita bisa jalan2 ke kompleks pertokoan yang isinya butik2 pakaian dengan merk terkenal..dan juga food court yang makanannya enak-enak..Setelah pesen makanan, kita bisa cari tempat duduk yang menghadap ke danau buatan di sekitar masjid. Danaunya cukup luas karena juga dipakai buat boat2 yang ngangkutin wisatawan buat keliling danau dan masjid..Trus ikan di danau itu gede2 banget..gak tau ikan apa, yang jelas ikannya bagus dan segede paha manusia..Dan suasananya enak banget..Yang jelas di kompleks Masjid Putra ini tempat parkirnya bisa menampung ratusan mobil deh..Jadi yang dateng ke Masjid Putra ini bukan hanya orang Muslim..yang bukan muslim pun pada jalan2 kesini..Cuma kalo masuk ke dalam masjid, ada aturannya..Buat orang muslim yang tidak menggunakan kerudung tertutup (jilbab) dan pakaian tertutup atau orang non muslim..diharuskan pake jas (kayak model jas lab) warna pink gonjreng..Wah nyaalaa banget.
Pokoknya, yang pergi ke KL, mampir deh ke Masjid Putra..dijamin hepi banget karena konsep design masjidnya laen daripada yang laen..Gw aja terkesima berat pas first time dateng kesini..


Kakek, nenek dan Zebby di Masjid Putra



Danau di sekitar Masjid Putra

Balik ke cerita cuti..kenapa kok cuma Selangor aja yang cuti/libur?..Soalnya Raja Selangor lagi ulang tahun..jadi libur hari ini dinamakan cuti agung..Ohya, masing-masing negeri di Malaysia ini ada rajanya dan setau gw dipanggil Sultan..(maaf kalo ada yang salah) Sebutan untuk Raja Selangor ya Sultan Selangor..kalo negeri Pahang (tempat kelahirannya Siti Nurhaliza) ya Raja disebut Sultan Pahang..dst..dst..Jadi untuk menghormati kelahiran Sultan Selangor, tiap tahun setiap tanggal ini ya..libur..

Yang memimpin Malaysia sendiri disebut Yang Dipertuan Agung.. sedangkan istri beliau disebut Raja Permaisuri Agung..Pelaksana pemerintahannya dipegang oleh Perdana Menteri.. Sedangkan pelaksana pemerintahan di masing2 negeri, disebut Menteri Besar..Kalo di Indonesia, setaraf dengan gubernur di masing-masing propinsi gituh...

Satu lagi cerita..di acara radio Malaysia, kalo pas acara siarannya mau habis, ada bagian penutup acara yang diisi dengan doa..itu doa ditujukan buat raja-raja di Malaysia serta keturunannya..Nama raja dan keturunannya disebutin satu persatu..Coba deh..rakyat mendoakan pemimpinnya..indah banget ya?
Trus kalo pas sholat Jumat juga ada doa-doa buat Sultan masing2 negeri..Rakyat Malaysia ini sangat menghormati pemimpinnya..
Yah banyak hal baru yang gw dapet disini meskipun Malaysia sendiri dekat posisinya ke Indonesia..It's nice to see something new for me....Selamat Hari Jadi , Sultan Selangor!

8 comments:

Sarie said...

hi Gege lam kenal juga ya:) thanks dah mampir kerumahku:) Putrimu cuantik sekali:) salam sun ya:)

Wah, info gini nih menarik sekali, paling seneng bisa tau pernak pernik negeri seberang:), kalo inget kerajaan2 gitu, jadi inget film2 kolosal jaman dulu ya:) ada Raja & permaisuri, ada putri raja yg cantik,juga pangeran yg tampan ada sayembaranya pula hehehe...sori jd ngelantur kemana2.

Raja ultah ada liburnya:) asyik juga tuh, keknya negara kita perlu ikutin tuh:P hehehehe....

have a great day ya:)

dinda-dimas said...

halo ge, makasih ya udah mampir, kemarin mo main kesini eh i-net nya lagi bolot hehehe
salam kenal juga ya...

aku pernah baca tuh ttg putrajaya di salah satu majalah, di femina ato dimana gitu, aku lupa. aku bacanya aja udah takjub apalagi sampe bisa ngunjungin ya hehehe

kalo aku baca pembangunan komplek putrajaya itu sendiri masih blom selesai ya, tapi blom selesai aja udah semenarik itu gimana kalo udah selesai ya, phiew...

kalo udah gitu suka ngiri ya ama msia, hiks!
-yuni-

moeng said...

soo nicee history...;) qapan yah qita2 bisa ngdoain pemimpin negeri qita? *nghayal* di doain biar pade ga nyengsarain raqyatnya lagi, gituu looo...:D

keluarganugraha said...

iya, itu enaknya malaysia, pusat pmerintahan ama pusat business dibedain.. kek kota-kota negara laen kan gitu juga..
seandenya di indo dibikin gitu, bagus juga... jadi jakarta gag ruwet semua tumplek bleg jadi satu yah..

retma-haripahargio said...

Duuuh, yg lagi cuti. klow aku yg ultah, aku kasih libur seminggu deh. Hihihih :D

Ge, aku belon bisa apdet resep lagi nih. Abis Nikki baru sakit. Jadi dakuw cuti gituw.

erfi said...

Oo gitu yaa.. kirain pusat pemerintahannya juga di KL.. asyik ya tempat pemerintahan bisa jadi sarana rekreasi begitu.. kalo di jakarta mana bisa..??

hmm di Malaysia para pemimpin dido'akan oleh rakyatnya.. kalo di Indonesia..?? *jawab sendiri aja deh* :P

lucy said...

hai salam kenal yah, wah postingannya bagus yah tentang Malaysia,jadi pengen kesana nih :)

Heni said...

Gege dijak jalan-jalan manis yah... Nggak rewel gitu :).

Mesjidnya juga cantik, bersih, tertib lagi. Kapan yah di Indo kaya gitu...

Hari senin libur jadinya bukan I hate monday lagi donk.... :D