Wednesday, June 07, 2006

Roti Kukus

Aduh, mo mudik gini rasanya nervous abis. Pertama nervous karena gak sabar ketemu sama keluarga, yang kedua nervous mesti bersih2 rumah total secara mo ditinggal sebulan, rumah kan kudu rapi, jadi ntar pas balik berasa nyaman gitu lohhh...
Untung hari ini bisa renang, jadi stres gw mendingan rada bisa berkurang..

Pas ngeliat gambar roti kukus di dapurnya Teh Inong, wah gilee bener..asli ngeces abis. Mana warnanya yg merah putih gitu, menandakan nasionalisme teteh masih gut gut gut meskipun sekarang lagi stay di negeri Singa.

Tentang roti kukus ini, gw punya pengalaman yang sebenernya agak memalukan siyy. Tapi gak papa deh diceritain aja. Suatu sore, kira2 baru sebulan menikah, dan tinggal di Bogor, tiba2 aja gw dan ponakan mas Anwar yang selisih usianya cuman 7 bulan sama gw, sama2 pengen makan roti kukus. Dengan melihat resep ini dan itu, akhirnya nekad bikin roti kukus. Luluk, nama ponakan mas Anwar, yang nyiapin bahan dan gw yg mengaduk-aduk. Plang plung cemplang cemplung, aduk... jadi deh. Tinggal dikukus..

Setelah sekian menit dikukus, wow baunya itu loh.. semakin bikin kita ganas mau makan roti kukusnya. Tapi pas digigit, alamakjann..kerasnyaaa. Ngga seperti yg dibayangin bakal ketemu roti kukus yang empuk. Sebenernya sih masih bisa dimakan, cuman harus didorong pake air hihihi...

Ting tong!! Eh ada tamu dateng. 2 bocah kecil kira2 usia 9 tahun-an dateng, ternyata minta sumbangan sukarela buat panti asuhan tempat tinggalnya. Setelah ngobrol sana sini, kita kasih juga itu sumbangan sekalian kita suguhin roti kukus buatan kita tadi. Pas mereka lagi makan, eh gw liat matanya rada melotot gitu pas nelen. Ih kan gw jadi gak tega. Untung Luluk nyediain air minum juga. Tau ngga sih, selain melotot, mereka juga tarik nafas dalam2..Sumpee gw maluu banget. Ngga ding, malunya sama Luluk juga kok hihihi..

Pas udah abis sepotong, kita tawarin lagi untuk ngambil potongan kedua. Eh mereka menolak dengan halus. Kata mereka "Boleh dibawa pulang aja ya Teh?" hihihi.. Akhirnya gw bungkusin buat mereka bawa balik.

Ngga lama, ponakan mas yang lain dateng dari kuliah. Namanya Andi. Pas Andi dateng, kita diledekin abis, masak cewek2 bikin roti kukus kok keras banget. Apalagi Andi kan kuliahnya di jurusan SJMP, D3-nya Teknologi Pangan dan Gizi IPB. Makin lenkap deh penderitaan gw dan Luluk.

Abis itu gw bilang sama Luluk. "Luk, lain kali kalo pengen makan roti kukus, kita mending naek angkot aja ke Evi Boy atau Dirgahayu (toko kue di Jalan Merdeka, Bogor). Kenyang dan gak dapet ledekan..
Si Luluk cuman pasrah ngejawab "He eh mbak.."..
Hihihi...

No comments: