Saturday, June 03, 2006

Dunia Per-pembantu-an..

Sebelum mudik, mo bayar utang dulu nih.. Setelah jidat kiri benjol ditimpuk sama Mbak Ira, tiba2 ada lagi timpukan buat jidat kanan dari mamanya Caca..Timpukannya sih berupa pengalaman yg pernah dialami sehubungan dengan pembantu RT.

Gimana yah? Kalo gw sendiri belom pernah ngalamin pake pembantu soalnya tahun pertama nikah, sama2 kerja, trus belom punya anak, jadi semua dijalanin aja sendiri. Masuk tahun kedua pernikahan persis, gw baru nyampe di Malaysia dan trus hamil. Gw udah ngga kerja lagi, jadi gw pikir gw masih sanggup ngerjain semua pekerjaan sampe sekarang Kriwul umur 2 tahun lebih, Alhamdulillah gw masih bisa.Lagian bayar pembantu buat di Malaysia berapa duit yang harus keluar? Sayanglah bouw..hihihi.Mendingan uangnya buat gw *matre banget yah?*...

Tapi emang gw ada pengalaman dulu2 sama pembantu yg kerja di rumah ortu gw..Yah waktu gw masih sekolah dulu. Ada berapa pembantu jumlahnya gw lupa, tapi ada beberapa yang nyentrik yang bisa gw inget sampe sekarang.

Yang pertama, asli gw lupa namanya. Tapi ini kalo gak salah pembantu yang ke-4. Yang ke 1,2 dan 3 sih biasa2 aja. Yang ke-4 ini, hebadd bener hihihi. Nyokap gw ditawarin sama seseorang yang katanya ada orang butuh kerjaan. Orangnya lugu dan bener2 dari kampung. Ya udahlah, ntar bisa diajarin, pikir nyokap gw.Trus hari pertama dia dateng, dia nongkrong aja di depan rumah. Bukannya kerja atau ngapain, malah bengong mulu. Trus nyokap gw nanya..
"Ngapain di depan?" kata nyokap
"Ndeleng montor, Bu (Liat mobil, Bu)" jawab dia
*nyokap melongo hihihi*
Udah gitu, disuruh sama nyokap beli Sarimie ke warung depan rumah, yang harus nyeberang jalan raya yang lumayan lebar dengan lalu lalang yang lumayan padat. Udah 15 menit dia berangkat, trus dicek sama nyokap ke depan, dia masih aja ada di pinggir jalan..
"Eh, kok belom berangkat?" tanya nyokap
"Ngga berani nyeberang saya, Bu" jawab dia..
*Gubraks*
Akhirnya nenek gw malah yg bantuin dia nyeberang. Nenek gw sampe nungguin di pinggir jalan sampe dia balik.
"Bu, Sarima-nya ngga ada.." kata dia polos
"Ya iyalah ngga ada, namanya bukan Sarima tapi Sarimi.."kata nyokap gw, shock kayaknya hihihi..
Cuman 3 hari aja dan nyokap gw memutuskan untuk say bubye ke dia. Digaji sebulan dan dipulangin buat seterusnya. Nyokap gw malah capek lahir batin katanya hihihi...

Pembantu lainnya, kalo gak salah namanya Jum
Yang ini mah hobi banget dandan, sampe mukanya putih buanget, gak tahu pake krim muka apaan trus tapi badannya item.. udah gitu rada centil lagi. Keluar dari kerjaan soalnya mo merit..

Pembantu seterusnya Wati
Pertama dateng masih polos, rambut panjang, pake rok panjang juga, muka ngga pake macem2. Setelah beberapa bulan, rok panjangnya diganti celana pendek sedengkul, rambut gaya Demi Moore, udah pake bedak dan mulai centil sama tukang kebun rumah sebelah.. Tapi dia cs sama gw, soalnya dia jadi mata2 kalo ada anaknya tetangga sebelah yg naksir gw dari gw SMP sampe gw mo merit, lagi dateng dari kota tempat tinggalnya. Sedangkan gw ngga suka sama tuh cowok yang kata gw emang rada gatel..*garuk dong*. Jadi dia lapor ke gw.. "Mbak, si itu dateng.. Jadi kalo mo keluar kompleks, cari jalan lain yah. Jangan nglewatin rumah dia"..
hihihi..Masalah gw sama cowok ini, mas Anwar udah tau, apalagi nyokap bokap gw juga jadi cs-an gw dalam hal ini. Sebelnya lagi, orang2 satu kompleks banyak yg ngerti tentang skandal jepit ini.. Huh!!

Pembantu terakhir, Rusmiati
Pembantu ini emang rada tahan banting. Diomelin kayak apa, tetep senyum. Jadi itu yg bikin kita lumayan sayang sama dia. Udah gitu, anaknya ngga neko2 sampe dia keluar karena mo merit sama tetangga sebelah rumah di kampungnya.Cuman kalo kita ngomong ke dia harus rada keras. Gw aja sampe sakit tenggorokan pas manggil dia. Berasa jadi rocker hihihi...

Setelah itu, ngga pernah punya pembantu tetap. Cuman pake pembantu yg dateng pagi pulang siang dan seasonal aja *kayak apa gitu yah*. Maksudnya, kalo opa oma gw dateng dari Belanda, atau ada famili dateng dari jauh, yah dia standby dirumah buat nanganin macem2.Kalo di rumah lagi sepi, ya dateng pagi pulang siang or sore...

Ada lagi pembantu yg mo gw ceritain.. Yaitu pembantunya sepupu gw yg di Singapore. Ada 2 orang, namanya Kus dan Mega. Si Kus ini bener2 ngurus rumah, kalo Mega, lebih tepat disebut sebagai babysitternya anaknya sepupu gw.
Baru ngeliat si Kus berubah kalo lagi off pas hari Minggu. Kaget benerrr. Bajunya yg full press body, atasan pake backless warna gonjreng, sepatu hak 7cm, bau parfumnya dari 10 meter kecium, rambut disanggul uwel2 atau kadang diurai.Si Kus ini dulunya kerja sebagai pengangkut arang pas di kampungnya, so badannya gempal benerr, trus item banget.Bibirnya tebel dan kalo dandan gaya seleb abiss. Tapi herannya dia sama gw dan suami baekk bener. Ngeservis abis. Beda kalo sama sodara gw yg lain, dia kayak ogah2an ngeservisnya. Malah pernah gw jalan ke Parkway, dibayarin naek taksi trus ditraktir minum. Ya ampun, apa ngga kebalik nih? hihihi
Mo tau kalo dia marah? HP dibuang ke tempat rendeman cucian ampe rusak. Trus pernah juga dibanting sampe pecah. Katanya, kan bisa beli lagi..*geleng2 kepala*. Trus kalo lagi cuci piring, ato masak, ato beberes rumah, HP tetep nyangkut ditelinga. Tante gw aja sampe heran, betah amat gitu nelponnya. Sayang gw belom kasih saran ke dia untuk ngepake handsfree..hihihi

Kalo yg Mega, dia lumayan manis. Maksudnya kalo diajak sama sepupu gw keluar negeri, style-nya ngga malu2in. Sama kek Kus, kalo lagi off, bajunya supermini. Udah deh, kayak liat sosok lain aja. Buntut2nya Kus jadi sirik sama Mega akibat kecantikannya..:p
Pernah gw liat si Kus balik dari jalan pas Minggu sore dalam keadaan setengah mabuk. Katanya dia minum bir banyak. Trus dia bilang, jangan dibilangin sama ibu ya? (sepupu gw maksudnya). Yah terserah dia aja, kita sih n gga mo ikut2..

Liat pembantu Singapore, bisa bikin gw terkesima aja. Abis mereka biasa banget ngumpul di bar, karaoke-an, trus ngerayain ultah pake cake di cafe mana..Aduh kalah deh gw rasanya hihihi..
Ngga abis2 deh kalo ngomongin masalah pembantu...
Udah yah, mo minum dulu.. Haus..hihihi

No comments: