Friday, April 14, 2006

Seputar Perkembangan Zebby

Lama juga ngga posting tentang Zebby.. Abis kalo diceritain, ngga tau bisa sepanjang apa. Cuman ya gitu, makin nambah umur makin keliatan bawel, ceriwis, niru tipe2 makcik di Malaysia hihihi.
Alhamdulillah so far perkembangan dia ok, dari hari ke hari selalu nambah perbendaharaan kata (dalam bahasa Inggris dan Indonesia) dan udah mulai bisa nyusun kalimat-kalimat yang ringkas kayak " I got it, I miss u, I love You, How are you..dan beberapa kalimat lain yang belum terlalu sempurna. Zebby juga ngerti ucapan2 kita mostly dalam bahasa Inggris dan beberapa dalam bahasa Indonesia. Gw ngga terlalu khawatir Zebby agak lambat bicaranya karena dia belajar bilingual dan dalam keadaan masih confuse. Berdasarkan konsultasi sama pakarnya dan baca dari beberapa artikel, hal tersebut bukan masalah karena ntar mulai dari usia 3 tahun, anak punya kemampuan untuk bisa menyerap sampai 6 jenis bahasa. So buat para ibu yang ngalamin sama kayak gw, no need to be worry yah.. Balik lagi, ada juga beberapa kata yang gw suruh ucap tapi keluarnya rada laen. Misalnya :

Gw : Zebby, say "Potato"
Zb : Pitoto
Gw : hah?
Gw : Now, say tomato!
Zb : Mitoto
Gw : *ada bintang di kepalanya*...

Trus yang buat gw aneh, dia nih rada jijay sama daun kering yang bertebaran. Gw bilang ahh Zebby nih, ntar kalo ada rezeki ke Eropa pas musim gugur kan jadi susah hehehe...
Tapi sekarang udah mendingan.. Kalo mesti ke Playground dan ada banyak daun kering bertebaran, kita nyuruh Zebby pegang daun kering itu, sambil kita bilang2 in kalo daun itu ngga apa, nice, beautiful dsb..dsb.. Dan akhirnya terapinya berhasil kira2 udah 90%.
Yang laen lagi, dia jijay sama barang ringan yang kena angin. Misalnya kapas, tisu yang beterbangan kena angin.. Hah udah deh, pasti jejeritan. Gw ngga tau kenapa, tapi yang jelas gw dan suami ngga pernah nakut2in dia dan berprinsip ngga mau nakut2in dia dalam hal apapun misalnya ular, buaya, hantu dll. Heran, kenapa bisa muncul perasaan kayak gitu yah?
Termasuk juga dia jijay sama 1 helai bulu ayam. Giliran bulu ayam yang udah jadi kemoceng, dia ngga apa2 hihihi.. Malah ikutan bersih2 debu. Aneh deh..

Kelakuan dia yang laen adalah udah mulai bisa menggunakan kata "Why" dan "What". Kalo ada sesuatu yang aneh, pasti dia nanya pake why.. Tapi kalo nanya sesuatu dia pake what.
Trus ngga tau kejedot, atau jatuh, tangannya luka, kesandung maenan dia..lumayan tahan banting... maksudnya bukan tipe yang gampang nangis dalam hal ini. Paling kalo ngerasa sakit, dia cuma bilang "Why?" sambil elus2 bagian yang sakit. Hihihi

Berhubung di International Housing yang gw tempatin sekarang ini melarang adanya berbagai jenis coretan dan kotoran atau noda di tembok, secara kalo ada hal tersebut, kita didenda RM 2000 (Rp 5 juta), gw selalu menekankan Zebby buat nulis2 di buku yang udah gw sediain. Alhamdulillah dia nurut. Termasuk gw ngelarang dia untuk terlalu sering bersentuhan dengan tembok apalagi dalam keadaan tangan yang bekas pegang2 makanan. Atau nempelin kaki ke dinding.. Pokoknya gw bilang no.
Suatu hari, gw lagi bergelimpangan di kasur dan ngga sengaja kaki gw nyentuh tembok dikit, dan apa yang gw dapet? "No.. no..no..The wall will be dirty" kata Zebby sambil telunjuknya digerak2in ke kanan ke kiri, niruin gaya gw banget..*pingsan*

Trus nama2 orang yang dia rasa itu temennya dan dia sebut tiap hari adalah Abi, Iman, Oza, Syifa, Afif dan Abim. Nama terakhir dia sebut karena dia baru gw liatin foto Abim di blog mba Moeng. Hihihi..sok kenal yah..tapi dia hepi banget kalo nyebut2 nama itu..

Satu lagi, dia udah ngga mania sama Blue's Clues lagi, soalnya dia sekarang lagi demen sama Doraemon (teh Inong dilarang protes hihihi), Dora The Explorer dan Chibi Maruko Chan.
Kenapa dia suka ama Chibi? Soalnya kan nyebutnya hampir sama kayak nama dia, Zebby..hihihi

Trus yang bikin gw rada terharu sama Zebby adalah pengertiannya dikala gw lagi sibuk. Kadang gw lagi repot ngapain, dia manggil2 gw, dan pas liat gw sibuk, dia brenti manggil. Cuman dia bilang "Bunda is busy..".Atau pas gw lagi masak, dia bilang "Bunda is cooking". Oya, Zebby juga udah bisa bantuin gw masukkin botol2 air putih ke dalem kulkas. Ini mah udah kegiatan favorit, secara gw ngga harus nyuruh dan dia dengan ikhlas hati ngerjain itu semua. Thanks, Zebby..

Last..
Gw : Zebby, nurut sama ayah bunda yah?
Zb : Ya..(dengan suara manjanya)
Gw :Jadi anak yang sholehah yah?
Zb : Ya..
Gw : *klepek2 denger suaranya..pingsannn*

8 comments:

Noenoe said...

ndak pa-apa kalo anak kecil suka jijay, dulu kiko juga jijik ama semut,...karena jareng ketemu,...skg berani nepuk nyamuk ,..oh ya, suami dari FMIPA Kimia, ang 27, trus jadi dosen pulak disitu,..makasih ya perekenalannya, kapan plg?, daku link ya,...

Sun Flower Arco said...

mba ge,zebby pengertian dunk ma bundanya.
Heheheh, knapa kalo ve sndri feeling nanti perempuan yg lahir. cuma memang masalah bahasa yg mau dipake nanti yang Ve pikirin. 3 bhasa, english,danish ama indo. Takut bingung nanti anaknya. Suami Ve bilang seh mending fokus kan english ama danish, tapi ve malah kruang sreg..masak bahasa indo..bhasa ibunya gk dikenalin sejak dini.Kalo indo ama Malay kan mirip, jd gk ada kendala deh buat zebby yah

.:.A m e e.:. said...

wah zebby...gemeeeeessss nih tante...kapan2 main yah ke London....eh ge...ame epingin deh dapat artikel ttg belajar bhs multi sejak kecil...bisa bantu dong referensinya dimana...meski blm ada anak tp siap2 kan boleeeeeeeh..hehe.thanks dear

moeng said...

ooohhh zebbbyyyy....ya nya manis cekaliiii....permisi yah, numpang ikutan pingsan deket bunda...
hhmmm....tarik nafas dulu,,...

satuuuu....

duaaaa....

tiiii....

gubrakkk!!!!
pingsan was succesfull!


hihihiihi....

liza said...

waa... zebby.. finally, bunda nya cerita tentang dirimu... kita kangen loh :) alhamdulillah sudah tambah cerdas.. keep going dear! and keep a clean girl :) salam dari Iman, titip salam untuk abi yah mba gege... eh gimana pc nya? udah sehat kan data2 nya selamet yah mbak..

Mamanya Audrey said...

hihi...bisa aja sih Zebby jijai ama yang seperti itu, kalau dipikir-pikir kan emang geli jadinya, tapi kan kita udah enggak mau mikirin :D

Zebby lucu amat sih... kok bundanya jarang cerita sih mengenai kelucuan Zebby ? :D

sefawkes said...

zebby darling...kamyu kok imyut banget ciiiih, maknya juga nggemesin..hihii jadi pengen nyubit emaknya...hahaha

Tiwi said...

duh, pinternya Zebby...
pengin jg nih ngajarin Noni bahasa indo, tapi entar malah gak bisa ngobrol ama Opa-Omanya di sini. Bingung...