Wednesday, April 12, 2006

Pesta Malam Indonesia di KL...

Tanggal 15 April nanti, di KL tepatnya di Stadium Merdeka ada acara Pesta Malam Indonesia. Acara ini sebenarnya menampilkan konser band ngetop dari Indonesia seperti Dewa, Gigi, Peterpan, Radja, Coklat, Padi, Ratu dan Ari Lasso. Dari judulnya aja, udah nimbulin kontroversi di Malaysia, apalagi ntar ya? Mudah2an sih ngga bakalan ada apa2. Cuman tadi sempet baca di salah satu thread forum artis malaysia, ada forumer yang nyaranin bikin konser tandingan Pesta Malam Malaysia di Gelora Bung Karno. Hihihi..

Sebenernya yang paling sewot jelas.. Artis Malaysia sendiri terutama artis2 dan band rock. Mereka heran, kenapa artis2 asing (maksudnya Indonesia) mudah banget bisa masuk ke Malaysia, sedangkan artis2 Malaysia susah banget mau masuk ke Indonesia. Rupanya para penggemar band2 Indonesia yang dalam hal ini orang2 Melayu punya pendapat tersendiri. Kata mereka, musik dan lirik lagu2 dari band Malaysia ngga seenak dan seindah lagu2 dari band Indonesia. So siapa yang mau menyalahkan kalo ada pendapat kayak gitu?

Yang jelas pada jadi rame aja. Sedangkan artis Malaysia sendiri berpendapat bahwa wartawan Malaysia kurang mensponsori dan memberi dukungan terhadap mereka. Walah, kok jadi melibatkan semua pihak yah?

Gw sendiri juga bisa ngeliat gimana reaksi orang Melayu saat ada band dari Indonesia ngadain konser di KL. Mereka berbondong-bondong dan yang namanya stadium tuh jadi padet det. Misalkan pas konsernya Peterpan atau Sheila on7. Wuihhh.. Dan kadang2 malah ada beberapa artis Malaysia yang ikutan nonton di sana.Nah loh?

Tapi emang gag bisa dipungkiri, yang namanya lagu Indonesia berasa lebih ngetop daripada lagu Melayu sendiri di Malaysia. Liat aja supir taxi yang lagi nyetel Teman Tapi Mesra-nya Ratu atau sometimes yang namanya album Radja disetel di toko2. Trus beberapa iklan pake lagu Indonesia, yang paling ketara iklan Hotlink, yaitu salah satu jenis starter kit HP kayak ProXL atau Mentari gitu..Pake lagunya Rossa, Peterpan dan Ratu. Malah yang keliatan lucu lagi, ada iklan Hotlink yang nampilin adegan Siti Nurhaliza yang lagi denger lagunya Rossa.
Oya, lagu Rossa ini ngetop banget disini, selain dipake buat Hotlink, juga dipake buat ngeramein iklan Hot FM, radio baru yang seinduk sama TV3.

Nah terus, kemana lagu2 artis Malaysia? Yah ada sih, tapi video klip-nya jarang banget ditampilin di TV. Ngga tau kenapa, tapi video klip lagu2 sini nih penayangannya ngga sesering video klip lagu di Indonesia. Paling ditayangin aja untuk tembang favorit seminggu sekali.

Kalo mau berpikiran obyektif, emang lagu2 kita itu nada dan liriknya ngga ngebosenin, trus pasti ada nada2 yang baru. Jadi bener2 kitanya surprise dengernya. Sedangkan lagu2 Malaysia, berasa rada boring, soalnya nada dan lirik hampir sama setiap lagu..Gitu2 aja. Jadi gimana mau booming?

Kayaknya, artis2 Malaysia harus sedikit belajar ke artis Indonesia gimana cara menarik minat orang2 Melayu supaya lagu mereka bisa diterima dengan baik. Jangan cuman bisa jelek2in artis Indonesia yang katanya band2nya pada pake narkoba. Jangan salah, di Malaysia pun banyak artis yang pake narkoba dan masuk bui. So, lebih baik ikhlas dengan lapang dada menerima kekurangan dan belajar dari kekurangan itu untuk menjadi lebih baik daripada sekarang. Mungkin pada sisi yang lain, ada yang harus dipelajari oleh artis Indonesia dari artis Malaysia. Betul ngga?

15 comments:

irma said...

hihihi..kasian juga yah mbak..di kandang sendiri tapi kurang promosi..
Ngomong2 soal IPB, aku sekarang kerja di staf administrasi D3 Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fahutan IPB. Jadi masih bergaul sama ABG2 hehe..berusaha jadi awet muda nih..Trus klo suami Mbak di bagian apa? Jadi gak sabar pengen kopdar yeuhh..:)

Bunda Raihan said...

loh? emangnya di malaysia gak ada MTV yah ge?
*garuk-garuk pala*

hehehe,..btw, nuhun udah mampir,..g barusn sibuk ampe gak sempet blog,..tapi thank GOD skrg dah kelar semua..from now on..blog lagi deh!!

eniwei,..templete lo keren2 banget sih..ajarin dong

Desy S. Satria said...

Enak bener sih ? tanyain ge, kapan mereka ke Orlando ?

yanti said...

Ya sekarang ini kan udah jaman globalisasi dan liberalisasi banget. Ga bisa lagi terlalu mematok nasionalisme, apalagi dalam hal selera kayak gini. Pasar dan pemasok udah ga dibatasi negara dan bangsa, persaingan bebas dengan prinsip yang kuat (baik dalam hal marketing maupun skill bermusik) yang menang. Jadi kalo pemusik Indonesia lebih terkenal di sana dibanding pemusik negara asalnya, agak susah nyari siapa yang salah :).

Sebaliknya di Indonesia juga masih ada kok selentingan yang bilang, wah itu si Siti kok enak aja, gampang aja cari duit di sini. Sama aja ternyata ya di mana2 :).

Mama Zaza said...

ya ampun... kok gitu ya ge?
terus, gege bakalan nonton acaranya ga tuh? :)

ei said...

lha, jujur aja, lagu dari artis2 malaysia buat ei mah yg enak didenger cuman lagu2nya sheila madjid sama siti nurhaliza, itu juga ga semua ei suka, selebihnya gimana yah agak2 norak gitu deh (kata ei lhoooo...)
btw, pa kabar ge, ei abis dilanda malez bangets neh ...

erfi said...

Oya..? tanggapan disana seperti itu yaa..? Tp mau gimana lagi yaa, gw jujur aja ngga begitu suka musik²nya negara tetangga itu kecuali Siti Nurhaliza.

Jadi ntar mo ikutan nonton Ge..? Ngajak Zebby juga ngga? Btw, pa kabar Zebby nih..? kangen euy dah lama ngga liat fotonya :D.

Tiwi said...

Ge, gak sekalian buka column di koran Malaysia? bagus postingannya.
Sheila Majid tuh fav gw, kalo yg lain2 gak begitu kenal. Nurhaliza, bagus juga suaranya.
Penulis2 lagu di Indo yang lebih kreatif keknya...

sefawkes said...

kiss and hugs buat Ariel Peterpan ya Ge..??? hihihi

Ina said...

Singapore sama KL rada-rada mirip ya? ketinggalan jauh terbelakang soal musik kalau dibandingin ma Indo.
Waktu aku di Singapore, jug gitu Ge....acara musik kebanyakan dari Indo, sampai MTV nya isinya juga lagu Indo semua...hidup Indo deh kalau udah begini..:))

Wina said...

Gw juga setubuh tuh ama si ei.. cuman suka sama siti N dan sheila madjid, sisanya wassalam deh.. gw ga ngerti apa lagi jamannya ami search sama si christy eh christy bukan yah.. itu lagunya malay rata2 model2 amy mollou.. puseenk gw jadinya...

aih tumben temanya pinky abessh beginni..

aku kmrn pusing ge, udh otak atik leot akhirnya nyerah..hihihihihi.. met wiken yah..

Anonymous said...

oho tinggal sama malaysia mau kutuk malaysia ya!!!

Gege said...

To anonymous..
Gw ngga mengutuk Malaysia kok.Gw cuman posting sesuatu yang sekarang sedang terjadi di Malaysia.Dan itu kenyataan.Yang jelas gw ngga berhak mengutuk negara manapun karena dimanapun gw tinggal itu adalah bumi Allah..

Tria said...

Ge, nonton nggak? Tadi liat Ari Lasso and Ahmad Dhani pas lagi jalan2..udah pada nyampe. Pengen juga nih, tapi kasian Ikel..hehe..

Mamanya Audrey said...

Iiih gue ngeri baca comment si anonymous... begini nih, yang terkadang membuat suasana adem menjadi keruh ...hiks... please deh, see every thing from a positive side, not from a negative side.... sabar ya Ge.