Friday, May 04, 2007

Multibahasa

*Buat temen2 yg nanyain lewat email kenapa gw ngajarin bahasa Inggris untuk percakapan sehari2*

Sejak kecil gw memang membiasakan zebby ngomong dalam bahasa Inggris dengan kita sebagai ortunya. Tapi gw ngga membatasi dirinya buat kenal berbagai bahasa, seperti bahasa Indonesia, bahasa Melayu, bahasa Jawa tentunya dengan agak sedikit kesabaran buat ngasih tau arti2nya. Dan so far alhamdulillah ngga ada kesulitan buat dia untuk komunikasi sama kita.

Sebagian orang menganggap agak berlebihan buat orang tua yg ngajak anaknya ngomong dalam bahasa yg bukan bahasa ibu apalagi dengan kondisi gw dan MA sama2 dari Indo *beda sama Rayna,kan daddynya dari Spore atau temen2 lain yg suaminya bukan dari Indonesia*, tapi buat gw dan MA, itu adalah sebuah hal yang nantinya untuk kemajuan si anak. Apalagi buat jaman sekarang bahasa Inggris bukanlah suatu hal yang 'wah'. Bukan memaksakan tapi gw mencoba untuk membimbing ke arah yg lebih maju. Setelah gw konsultasi sama beberapa psikolog anak disini dan juga ada temen yg ngambil Ph.D jurusan psikolog anak dan juga sepupu gw yg jago dibidang pendidikan anak2 pre school, anak2 yang dilatih beberapa bahasa waktu masa balita, memiliki kecerdasan yg jauh lebih tinggi dibandingkan dengan anak2 yg hanya belajar satu bahasa waktu kecil pada saat dia dewasa ntar. Dan jangan takut anak jadi confuse dengan bahasa2 tersebut karena otak balita bagaikan otak harddisk yg lagi kosong yang mampu merekam segala macam bentuk ilmu, termasuk bahasa. Dan kata psikolog yg gw tanyain itu, anak usia 3 tahun mampu belajar 4-6 bahasa dalam waktu yg sama.. Selain itu kan bisa ngirit ga usah ngelesin zebby bahasa Inggris sementara waktu hihihi..So buat temen2, jangan ragu buat ngajarin anak2 kita beberapa bahasa yaahhh...

Seperti gw, yg asalnya dari keluarga berdarah campur-campur sampe ngga jelas ini.. Sejak kecil gw dah dijejelin sama bahasa Indonesia (sama papa mama), bahasa kalimantan (sama nenek kakek), dan juga bahasa Belanda (selingan dari opa oma) plus bahasa Jawa (dilingkungan sekolah) plus bahasa Inggris sekalian.. Alhamdulillah gw bisa ngerasain manfaatnya loh..kalo ada temen dari kalimantan lagi ngegosip, pan gw tau artinya.. kalo oma gw lagi ngomong rahasia2an sama papa mama, gw tau doong apa isinya *biasanya lagi ngomongin gw tuh* dan juga bahasa2 lainnya.. Nah bahasa yg lagi gw belajarin sekarang adalah bahasa Melayu karena dipaksa keadaan *wink*

Tapi semua itu ada konsekuensinya, termasuk yg lagi gw hadapi di diri kriwul sekarang ini. Yaitu dia ngomong satu kalimat yg isinya 2 atau 3 bahasa hehehe.. Sekali lagi itu bukan masalah karena mereka kan lagi belajar..Tinggal kita aja yg ngarahin mereka.. Misalkan.. Si Iwul nih udah bisa ngitung dalam bahasa Inggris sampe 40, pan dah ada polanya, jadi gampang buat dia ngikuti. Tapi buat bahasa Indonesia, dia bisa ngitung bener sampe angka 13, karena masih suka kecampur aduk hehehe.. Kalo dia ngitung pake bahasa Indonesia, jadinya " Sepuluh, sebelas, duabelas, tigabelas, FOURbelas, FIVEbelas, SIXbelas..dst.. NINEbelas, TENbelas(seharusnya duapuluh)..hihihi...

Trus MA kalo ngomong sama gw kan pake bahasa Indonesia..terjadilah percakapan seperti ini..

Zebby: Bunda, may I play the computer, please?

Gw : Later honey..Next half an hour okay? Let the computer take a rest awhile..

MA : *ngomong sama gw* Udah gak papalah Ge..

Zebby : Bunda, ayah said "Udah gak papa", it means I can use the computer now..

Gw : OK *nyerah karena pemilik komputer membolehkan*

Kalo bahasa melayunya lagi keluar.. trus liat ada sesuatu yg lagi gak bener, dia akan bilang "Kenape boleh jadi macam ni?" *weks*

Trus VCD Dora juga nyebabin doi bisa ngitung 1-10 ala spanish plus beberapa kata kayak azul (biru), laletusa (kalo ga salah nulisnya, burung hantu), abre (buka), muchas gracias (terima kasih), de nada (terima kasih kembali), parranda (parade musik) dan beberapa kata yg lain *maap ngertian zebby sih daripada gw xixixi*

Hehehe.. Gw sih seneng aja denger dia ngomong campur..tapi gw gak khawatir sama sekali.. Ntar Juni pan kita bakal mudik, pasti balik dari Indo bahasa Indonesianya bakal lebih lancar hihihi...

No comments: