Friday, January 06, 2006

Middle Eastern Dessert : Basboussa

Gw bener-bener tergila-gila sama kue ini..
Asal muasalnya gini ceritanya..

Kira2 setahun yang lalu (udah lama ya?), gw sekeluarga diundang makan siang sama temen sefakulti-nya mas Anwar..Namanya Ahmed Ali Hurrairah, asalnya dari Yaman..Pertama diundang,gw deg2an gitu,soalnya kan makanan dari middle east tuh kan biasanya sarat dengan spicies..Sedangkan gw dan mas Anwar masih belum bisa makan2 makanan yang berempah abis..misalnya kayak kari India..But sekarang udah ada kemajuan kok,gw dan suami dah pada kecanduan makan Nasi Briyani..hehehehe
Akhirnya siang itu kita ke rumah Ahmed Ali..Di depan pintu rumahnya,gw bingung..Sepi amat ya rumahnya..Pas udah ke dalem ,gw baru tau kalo gw harus masuk ke sebuah kamar dimana istri Ahmed Ali berada disana..Dan Ahmed Ali sendiri ke kamar yang lain sama mas Anwar..Ohh gitu toh..jadi gak perlu ketemuan berempat kayaknya..
Kebetulan Ahmed Ali punya anak yang seumuran Zebby..namanya Shuha..Jadi yah Zebby dilepas aja sama Shuha..
Gak lama kemudian istrinya Ahmed Ali, namanya Iman (orangnya cantiiiqq..banget..nget) ngambil makanan..Wowww (kayak Zebby nih)..nasi briyani + ayamnya..Enak banget dimakan sama sambal tomat ala arab gitu..Trus makannya barengan di sebuah nampan yang gede banget..Gw baru sekali ini neh makan model begini.. Minumnya Coca Cola..(gw gak tau kenapa para Arabian suka banget sama Coke)..mba Liza,bener gag sih?..:)
Ampuunn gw sampe kekenyangan..abis nasi briyaninya enak banget..Bahkan gw berkali-kali bilang sama Iman,nasi briyaninya enak banget..Cuma gw agak kesulitan komunikasi karena Iman gag terlalu bisa bahasa Inggris..Mungkin karena liat gw doyan banget gitu, akhirnya Iman ngasih bumbu nasi briyani yang tinggal dicampur ama beras dan dimasak langsung..Horeee..Iman baek banget sih...:)
Ehh..ada lagi makanan yang dikeluarin sama Iman..kata dia, ini dessert yang biasa dimakan ama mereka sehari-hari..dan di kulkas biasanya selalu tersedia..Belum sempet gw nanya apa namanya, langsung gw cobain....masya Allah..enak banget!!..Sumpah deh..Tanpa sungkan2 gw minta diajari bikin sama Iman..Si Iman malah tersipu-sipu malu hehehe..
Dia bilang kue itu namanya Basboussa. Dia kesulitan nyebut bahan2 kue tersebut,karena dia gak tau nama bahan itu dalam bahasa Inggris..So..dia keluarin semua yang ada didapur, bahan2 bikin basboussa..
Alhamdulillah bahannya gak sulit, cuma gw rada gak jelas pas Iman nerangin cara bikinnya..It's OK Iman..I don't wanna give up hehehe...
Gw tanya sana-sini,gw liat buku tentang makanan middle east..Akhirnya guys..nemulah gw..
Suami gw juga bilang kalo gw harus belajar bikin basboussa karena yang terkena demam basboussa bukan hanya gw hihihi..
Mungkin dalam beberapa hari ini gw akan coba buat bassboussa..Mungkin pas Idul Adha aja kali ya?..Doain semoga gw berhasil ya..hehehe..Trus buat temen2 yang tau resep bassboussa,boleh dong kasi tau gw..buat bahan perbandingan...
Thanks before loh..:))

3 comments:

moeng said...

napa ga seqalian ditulisin daftar bahan2nya yg diqeluarin iman itu ge? :D jadi pengennnn.....*nangis guling2*

rosy said...

aduh..mmm..enak bgt tuh basboussanya, resepnya apa Geg..*kok malah balik nanya*...:D

BundaZidan&Syifa said...

tulis resepnya dong ge..
jadi itu kue di atas bikinan siapa?

btw, gosip aja deh, kata siapa daku janjian sama mbak Astri? *pingsan*