Friday, January 06, 2006

Iya..iya..ini resep Basboussa-nya....

OK deh,ini resep Basboussa-nya..Tadi mba Inong nanyain,itu kue bikinan siapa..Itu bikinan i-net mba hehehe..kan aku belon bikin..
Sebelum itu mo cerita dikit..Alhamdulillah gw dah nemu VCD Blue's Clues..Juga VCD Pingu, kesukaan baru si Zebby..Tadi sore gw ke Midvalley Megamall..surprise banget bisa nemu toko VCD yang jual hampir semua VCD anak2..horee..
Selain itu, gw mo ucapin terima kasih banyak dulu sama Mba Astri (Deeja's Mom) karena dari dapur resepnya, gw bisa bikin macaroni schotel dan pepes telor asin..Once again, tenkyu loh Mommy Atli...
Oya, ini deh resep Basboussa yang menggiurkan itu...

Resep Basboussa

Bahan sirup gula :
2 cup gula
2 cup air
1 sdm unsalted butter
2 sdm jus lemon

Cara membuat sirup gula :
Didihkan gula, air dan jus lemon..setelah mendidih, masukkan unsalted butter
Didihkan kembali dengan api kecil dan dinginkan..

Bahan Basboussa :
2 cup tepung suji kasar/yellow semolina
1 cup gula
1 cup kelapa kering
1 cup unsalted butter
1 cup susu
1/2 sdm yogurt plain
1/2 cup almond cincang, or 1/2 cup hazelnut
2 sdt baking powder

Cara buat Basboussa

Campurkan gula, kelapa kering dan tepung semolina, kemudian tambahkan baking powder..sisihkan

Didihkan susu dan butter dalam sebuah wadah..

Masukkan campuran tepung semolina ke dalam campuran susu dan butter tadi, beserta bahan-bahan yang lain

Olesi loyang dengan butter

Masukkan adonan ke dalam loyang dengan tinggi kira2 1/2 inchi, ratakan

Panggang hingga kekuningan

Keluarkan dari oven, masukkaan potongan almond/hazelnut hingga merata..sambil ditekan sedikit supaya kacang2 tadi tenggelam ke basboussa-nya

Biarkan hingga 1 jam supaya kue agak dingin

Siram kue dengan sirup gula tadi hingga rata dan panggang kira2 5 menit sampai keliatan kekuningan

Potong2 dan sajikan...

Supaya lebih lezat,masukkin dulu ke kulkas dan makannya pas dingin nyess dari kulkan..piuuhhh rasanya cake tapi ada air2nya gitu..segerrr deh..

Yuk kita cobain bareng-bareng..Dah mba Moenk,jangan nangis guling-guling lagi ya?..:p

7 comments:

moeng said...

tepung suji? semolina? apaan lagi tuh ge? adyuh biyungg...masih blon mudeng juga nih daqu :D mohon pencerahannya bu gege *qdip2*

ibu aci said...

gege,ati2 kalo mau nyobain bikin basboussa yach....ntar pake acara 'nggeblak' lagi.
ini dakuw,astri (ibunya naufal).sori,poto2 yogya blum dikirim.lagi dapet proyek dari suamiku nich !! (eit...jangan ngeres dulu),karena PRnya setumpuk en mendadak jadi SekPri githu !!

Kami (Mama ,Michael and Ryan) said...

WAH..kayaknya enak banget deh, apalagi setelah baca cerita gege yang bilang enak banget..hmm pengen tahu juga deh rasanya..kirim dong kesini hihi..
Ied mubarak , idul adha ya sis

Heni said...

pingin nyoba siy, tapi bahannya kayaknya susah dicari...:(. enaknya minta diimport langsung aja ya dari Malaysia, hehehe...

thanks ya supportnya :) and happy new year...:)

BundaZidan&Syifa said...

waaaa.. kebetulan bahannya ada semua nih.. ayo ge, kita buat bareng yuuk...

Gege said...

mba Astri :
Kalo basboussa kayaknya ngga pake ngegeblak lagi deh hihihi

mba moenk:tepung suji kasar itu biasanya dikenal sebagai semolina flour, teskturnya agak kasar dan sedikit agak kecoklatan..

mba Holly n mba Heni: mungkin ada asian grocery ngga disana?

mba Inong bikin dulu deh..kalo berhasil,kirim fotonya hihihi

kangmasanom said...

wah kapan yaa bisa masak gituan