Monday, November 05, 2007

Salah Duga

Tahun 2003 pertengahan saat gw mo ngurus single entry visa di Kedutaan Malaysia Jakarta..
Satpam : Kakak nak uruskan ape?
Gw : Saya mau ngurus visa..
Satpam : Kakak ni melayu ke indonesia?
Gw : Saya orang Indonesia
Satpam : Maaf kak, saya fikir orang Melayu
Gw : *cengengesan*

**************************************************

Setahun yang lalu..
Pas cempluk sakit flu dan kita bawa ke medical center milik pemerintah.. Karena belom pernah kesana sebelomnya, jadi gw kudu register dulu.. Terjadilah percakapan seperti ini..
Petugas : Nama anak?
Gw : Khazbiika Shahrinaz Anwar
Petugas : Umur berape?
Gw : 2 tahun 8 bulan
Petugas : Duduk *tinggal* dekat mane?
Gw : Serdang
Petugas : Fee RM1..
Gw :*melongo sambil mikir murah amaaat* Is it including the fee for medicine?
Petugas : Yes..
Gw :*melongoooooo* Thank you..
*Ohya, di sini kebiasaan kalo ngomong bahasanya campur2 sih*

3 bulan setelah itu.. Cempluk kena flu lagi dan kita balik ke med center yang sama..
Petugas : Siape yang sakit?
Gw : Anak saya..
Petugas : Nama apa? *disini pake "apa" bukan "siapa"*
Gw : Khazbiika Shahrinaz Anwar
Petugas : Your IC please..
Gw :*ngeluarin paspor gw*
Petugas : So you are foreigner..
Gw : Yes..
Petugas : Last time, you paid RM 1 because the officer thought you are LOCAL.. So the fee for foreigner is RM14
Gw : *yaaa..ternyata buat foreigner bayarnya beda.. Gw dipikir Melayu euy*

************************************************

2 hari menjelang lebaran, kita bertiga buka puasa di masjid Putra Putrajaya. Disana MA ngeliat seorang ustadz dari UKM (org Indonesia juga) yang pernah ngisi pengajian di UPM. Belio dateng kesana sama istri dan anaknya 2 orang. Pas adzan berkumandang, MA ke bagian laki2, gw dan istri ustadz yang gw belom kenal, barengan ke bagian perempuan sambil berkenalan.. Istri Ustadz (IU)
IU : Assalamualaikum..
Gw : Wa'alaikumsalam..
IU : Duduk dekat mane kak? *kalo orang Indo yg kuliah di UKM emang bhs melayunya fasih2*
Gw : Dekat Serdang..
IU : Tak balik kampung ke?
Gw : Tak.. Dah biase raya tak balik kampung.. Lagipun masa cuti tak panjang..
IU : Kampung dekat mana kak?
Gw : Saya dari Indonesia..
IU : Masya Allah.. saya pikir kakak orang Melayu..*lgsg berbahasa Indonesia*
Gw : *bengong* saya pikir malah mbak yang orang Melayu..
*cekikikan bersama kita*
****************************************************

Waktu ngedaftarin Cempluk ke salah satu TK, kita ketemu sama salah satu temen MA di kampus yang kebetulan belom kenal sama gw. Dia berasal dari salah satu negara di Afrika. Dia juga nyekolahin anaknya disana.. Setelah MA berbincang2 sebentar, trus dia memperkenalkan gw ke dia.. Temen MA (T)
MA : This is my wife..
Gw : Hi.. how are you?
T : Fine, thank you.. and you?
Gw : Fine, thanks..
T : *ke MA* So, your wife is Malay, right?
MA : No, she is also Indonesian..
T : What? But she looks like Malay woman..
MA : *cekikikan* She is Eurasian..
T : What is Eurasian?
MA : She has mixed blood of Europe and Asian..
T : Ooo.. I see...

***************************************

Ntah2, yang gw inget cuma itu siy.. *ngelap keringet*.

No comments: