Saturday, November 10, 2007

Jeruk Nipis atau Jeruk Purut..

Sejak pindahan ke rumah baru ini ditambah lagi kalo pas ke rumah sepupu di damansara liat taneman beraneka ragam, MA jd punya hobi baru yaitu tanam menanam. Walhasil dengan tanah yg seuprit itu ditanemin segala macem tanaman. Sekarang bagian depan kita tanemin tanaman hias, dan di belakang kita tanemin bumbu2 dapur kek kunyit, lengkuas, temulawak *kata MA kalo lagi sedih minum aja air rebusan temulawak biar hepi :p*, daun pandan, sereh dan ntah apalagi yg bakalan menyusul. Kebetulan juga housemate kita orang agronomi, makin cucoklah kalo mo pesen taneman sekaligus pupuknya :p

Seperti beberapa hari lalu, MA diajak housemate gw ke lab-nya dan disekitarnya banyak taneman empon2 kek gitu. Gw juga dah wanti2 kalo ada pohon jeruk purut, gw mau. Ternyata pas MA dah balik ke rumah, katanya jeruk purutnya ga subur, daunnya kecil2.. ya sudahlah mungkin ntar kalo ketemu pohon yang lain..

Yang bikin gw ternganga adalah gw dikasih MA jeruk nipis 2 buah plus daun2nya.. Trus terjadilah dialog seperti ini..

MA :Ini jeruk, sama daunnya..

Gw :*bengong sejenak* Jeruknya oke, trus daunnya mo diapain mas?

MA : Ya dibuat masak dong..

Gw :*ngakak* Mana bisa mas? Ini kan daun jeruk nipis?

MA : Bisa..ini sama aja..

Gw : Mas, yg biasa masak kan aku.. Dimana-mana ga ada resep yg nulis ada penggunaan daun jeruk nipis, yg ada daun jeruk purut

MA : Mestinya bisa, yg dipasar malem daunnya juga gitu.. *kekeuh sumeukeuh*

Gw : Coba deh bandingin *gw ngambil stok daun jeruk purut yg gw beli dr pasar*

MA : Naaaahh coba liat yg ini.. mirip kaaaan?

Gw : *mikir, iya juga sih* Tapi yg mirip kan cuma satu, yg lain ngga mirip.. Beda maaaassss!!!...

MA : Berarti di pasar malem juga banyak dong yg jual daun jeruk nipis..

Gw : *ngucap sembari ngelus dada ni bapak2 bener ngotot* Ngga sama maaaaaasss....

MA : Tadi T *housemate kita* bilang bisa kok..

Gw : Mas T tadi cerita sama aku, kalo mas ngambil jeruk nipis plus daun2nya. Dia juga heran buat apa, trus mas bilang buat masak.. Dia mikir apa bisa daun jeruk nipis dibuat masak..

MA : kata T orang2 juga ngambil disana..

Gw : Mas T bilang, orang2 ngambil daun jeruk purutnya, bukan jeruk nipis. Makanya pohon jeruk purutnya kayak ngga subur karena daunnya dipetikin ibu2 mahasiswi..

MA : Ooohh.. Tapi gimana kalo kita coba masak pake daun jeruk nipis?

Gw : *pingsan beberapa menit* Trus kalo masak ayam sekilo pake bumbu daun jeruk nipis, kalo rasanya aneh, gimana? siapa yg mau tanggung jawab?

MA : Pasti aku yg disalahin..

Gw : Bagus kalo dah nyadar siapa yg kudu tanggung jawab..

Maap yah ibu2, MA emang dari IPB, tapi dia di FMIPA bukan pertanian.. apalagi sekolah masak memasak. Taunya data dan analisa.. jadi hobinya yah emang suka nganalisa sesuatu. Sekarang malah area analisanya meluas sampe ke masalah masak memasak..

Asal tau aja, ada temen kita yg ngotot kalo di dalem kampus ada taneman daun salam. Wah semangat deh temen kita *laki2* ngambilinnya buat masak lodeh. Pas lodehnya dah dicemplungin daun yg katanya daun salam itu, masakannya malah bau lengur hihihi... Tanggung sendiri deh jadinya..

No comments: