Wednesday, December 27, 2006

Selama 3.5 tahun itu..

Duh gw lagi sedih nih...
Soalnya pagi ini (28 Desember), mbak Sari sekeluarga berangkat ke Batam untuk selanjutnya mereka akan menetap di Pekanbaru karena kerjaan suami beliau kan disana.

Pertengahan tahun 2003 Mas Anwar (MA) *sori teh Op, bukan mo nyaingin MB hihihi* dateng ke Malaysia pertama kali untuk melanjutkan masternya.


Dari info2 yg gw dapetin, ternyata ada kakak kelas gw, *suami istri* waktu kuliah yang juga lagi ngelanjutin masternya di univ yg sama kayak MA. Mereka adalah Mbak Sari dan Mas Totok. Anehnya lagi, selama kuliah, gw ngga kenal sama Mbak Sari, tapi gw tahu mas Totok karena beliau adalah salah satu asisten di praktikum kita. Yah MA email2an sama Mas Totok, dan dibales!!. Hepinya MA.. Dan waktu nyampe Malaysia, berbekal sedikit peta plus petunjuk2 dan akhirnya ketemuanlah MA sama Mbak Sari dan Mas Totok.

Sampe sekarang MA ngga pernah bisa lupain, gimana mereka berdua ngelayanin MA dengan sangat baik. Secara waktu itu MA masih belom ada tempat tetep, dan sambil nyari rumah, yah sementara beberapa hari tinggal di rumah Mas Totok dan Mbak Sari. Blom lagi dianterin kesana kemari beli peralatan dapur dan segala macem tetek bengek isi rumah.

Seminggu abis MA di Malaysia, gw nyusul deh, soalnya MA udah dapet rumah sewa juga. Dan terjadilah pertemuan antara gw, MA, Mas Totok dan Mbak Sari. Rasanya seneng banget bisa ketemu seseorang yg pernah kita temui dulu dulu gitu. Tapi beberapa hari kemudian Mas Totok dan Mbak Sari harus balik ke Indonesia karena adeknya ada yg nikah sekalian mereka berdua mo ada acara unduh mantu.

Dapet sebulan di Malaysia, eh gw huwek huwek alias hamil. Lah di Indonesia udah setaon gw ga hamil2, di sini malah tokcer. Tapi emang gitu katanya, sering kejadian pasutri yg belom punya anak, begitu ke Malaysia langsung hamil. Mangkanya sampe ada yg bilang, pria jangan sentuh wanita di Malaysia, bisa bunting si wanitahnya hihihi.... Balik lagi, pokoknya pas hamil, gw gak bisa liat makanan macem2 apalagi makannya. Cuma bisa makan roti gandum plus milo aja. Tiga bulan pertama gw turun sampe 5 kg loh..

Setelah gw denger mbak Sari udah balik dari Indo, wah hepinya gw. Janjian di salah satu tempat makan dan bercerita2 gitu. Gw sih coba makan es buah, tapi pas nyampe rumah keluar lagi..Ngobrol2 sama mbak Sari ternyata dia ada gejala2 hamil juga. Langsung deh gw dengan semangat 45 nyuruh dia beli test pack dan pas dicek besok paginya..positif hamil!..Asyik, gw ada temen bumil...

Kisah kedeketan gw-MA sama Mbak Sari-Mas Totok berawal disini. Tiap bulan, cek kehamilan bareng, berangkat sama-sama dari Serdang ke Cheras, secara kita ceknya di Pantai Cheras MC pake mobil sewaan, maklum sama2 blom punya mobil waktu itu. Trus pastinya MA, Mas Totok dan Mbak Sari akan ngambil cuti sehari dari kampus buat cek hamil trus jalan seharian keliling KL sampe malem. Gak tahu itu berburu barang bayi, atau cuma buat memuaskan nafsu para bumil2 yg ngidamnya ganas2..xixixixi.. Makan mulu jadwalnya..

Inget gak mbak, waktu kita hamil 6 bulanan, kita ke Port Dickson, trus puas2in berenang sama minum es kelapa muda? Masih inget gak waktu kita duduk di tikar trus mbak Sari maenan ulet, trus mbak nyadar takut kenapa2 sama babynya? Inget juga gak waktu kita keukeuh pulangnya mau naek bus sama komuter aja dari Seremban?.. Bandel yah kita...

Yang jelas sampe hamil 9 bulan, kerjaan kita jalan-jalan aja. Juga ngga ada pegel2nya loh. Lucu lagi, pas kita hamil, badan kita biasa aja, malah MA sama Mas Totok beratnya nambah. MA aja sampe naik 7 kg.. Walah..

Akhirnya saat melahirkan buat gw pun tiba. Gw memutuskan untuk melahirkan seorang baby yg sering kita juluki dia sebagai Kriwkriw di sebuah hospital kerajaan aka pemerintah, yaitu di Hospital Putrajaya. Kenapa? Soalnya MA kurang setuju dengan cara O&G gw yang menetapkan tanggal sekian kalo blom lahir diinduksi aja. Dan trus malah kita dikasih tanggal sekian suruh dateng pagi2 buat persiapan induksi. Loh, bukannya lahir dan mati ada di tangan Tuhan? Kalo kondisi baby dan si ibu ngga kenapa2, kok musti diinduksi? Kok jadi O&G yg netepin anak gw lahir?

Tanpa mengurangi rasa terima kasih sama dr. P.G. George yang udah merawat kehamilan gw selama 9 bulan, gw ga nongol ke PCMC pas saat dimana gw harus diinduksi. Akhirnya 2 hari kemudian gw melahirkan dengan cara caesar di Hospital Putrajaya karena Kriwkriw dalam keadaan sangat kritis. Kalo ini kan caesar emang udah jalannya, bukan caesar karena gw yg minta kan?

Dan begitulah, Mbak Sari juga harus melahirkan secara caesar karena si Abi gede banget. Dengan badan semungil itu, mbak Sari musti bawa baby yg beratnya 4.2 kg waktu dilahirkan. Nasib kita sama lagi, musti caesar meskipun bukan dengan alasan yang sama. Bedanya lagi gw pake bius total mbak Sari pake bius lokal..:p

Setelah si bayi-bayi ini lahir, kita tetep suka jalan bareng. Suka saling mengunjungi sampe akhirnya si bayi2 ini udah pada jadi toddler, dimana mereka udah pada saling tau kalo mereka ini berteman. Dimana selalu ada tangisan yg pecah diantara Abi dan Zebby kalo mereka mo pisahan karena mo pulang ke rumah masing.. dimana Abi jadi semangat bangun tidur dan mandi pas dibilangin kalo Zebby mo dateng.. dimana rengekan Zebby karena sesuatu hal jadi terhenti kalo dibilangin ntar sore kita mo maen ke rumah Abi.

Yah begitulah akhir cerita, Mbak Sari sekeluarga harus kembali ke Indonesia. Sedih juga, soalnya dia udah kayak kakak gw sendiri. Biasanya kalo ada apa2 dikit, pasti deh curhatnya sama dia.Selama 3.5 tahun, terlalu banyak kejadian menyenangkan yg kita alami bersama.Udah gitu, tadi malem pas kita maen ke rumah mbak Sari untuk ngucapin selamat jalan, gw udah rasa ngga hepi. Gw udah ngerasa sepi.. Apalagi pas pulang, seperti biasanya liat Abi yg nangis karena Zebby mo pulang, ditambah pas mobil kita jalan trus ujan deres banget.. Waduhhh..mellow deh jadinya gw..

Mbak, maafin aku yah kalo selama ini pernah nyinggung perasaan mbak.. Buatku mbak udah kayak kakak sendiri aja. Makasih udah ngejalanin sweet memories bareng sama keluarga aku, dan jangan lupain semuanya yah.. Mudah2an cepet adaptasi sama tempat yg baru, trus vivanya bisa cepet, kalo convocation bisa ajak Abi kesini.. Entah kapan kita bisa ketemu lagi, mudah2an Allah ngasih umur panjang dan kesempatan buat itu.. Makasih buat semuanya..
We will always miss u...

No comments: