Saturday, May 24, 2008

Betapa Beda Rasanya

Yap.. Akhirnya semester 1 berlalu.. Sebenernya ini masa liburan, tapi khusus untuk postgraduate mah mana ada liburan. Yang ada, para supervisor kita malah menyemangati kita buat ngelakuin penelitian semaksimal mungkin saat lab agak lengang dikarenakan pulang kampungnya anak2 bachelor.. *sigh*

Memang beda banget rasanya kuliah S1 sama S2. Waktu S1, kemana2 haha hihi, ikutan kegiatan ini dan itu, pulang kampus kadang bisa jam 1 malem, apalagi kalo mo ada acara masa perkenalan mahasiswa baru. Blum lagi acara menggelar tikar dan bobo di dalem lab karena ada pengamatan mikroorganisme tiap 3 jam sambil ditemeni sama temen yg ngga ada hubungannya sama kerjaan kita. Trus kongkow2 dikantin kampus sama ngobrolin sumthin yg sebenernya ngga perlu banget hehehe... Belom lagi aktivitas organisasi kampus (BEM) yg lumayan bikin hepi dikala jenuh sama urusan akademik. Pokoknya maah, pergaulan luas daah.. Ditambah pengalaman unik dikejar2 sama Endah :)

Begitu memasuki postgraduate.. Semua sendiri huaaaaa....
Ketemu supervisor *jelas lah sendirian, kalo rame2 yah malah diusir*, ngurusin personal order buat bahan lab, nentuin metodologi, ngurusin masalah administrasi. Pokoknya begitu di kampus, itulah masa kita harus independent sama orang. Kalo pas S1 sering nongkrong di kantin, sekarang malah suka kelewat jam makan siang. Trus kalo ngeliat supervisor yg lagi sibuk dan lagi ngga good mood, dan tiba2 dia nanya2 yg aneh trus kita gak bisa jawab, aaargghhh rasanya pengen banget melarikan diri hihihi. Untungnya di lab tempat gw mangkal, temen2 gw pada sangat kooperatif, jadi yaa lumayan menghibur diri lah. Terngiang2 kata2 Dr.K saat gw baru aja menghadap dia di awal semester lalu "I have to assist and guide you to be an independent researcher even I have to make you crying"..Semangad!! *huaaaaaa*

Kadang pas lagi diem di kampus, tiba2 kepikiran.. Duuh kangen euy masa2 S1 dulu.. Masa2 gila.. masa2 gw jd cewek ganteng, masa2 gw jd preman, masa2 gw punya seabreg temen, masa2 susah praktikum yg keseringan dimarahin asisten karena ributnya kayak pasar pindah atau bahan praktikum (misalkan untuk analisis vitamin pada buah), buahnya udah kita cemilin dulu dan pas saat praktikum dimulai, buahnya dah pada abis :p. Trus kalo praktikum tentang poultry, udah dibilangin ayamnya jangan distressing sebelom disembelih, ntar rigor mortisnya tinggi, tetep aja kita having fun dulu sama ayam2 kita itu, kita kejer2 sampe naek turun tangga, dan asisten2 praktikum kita jd ngamuk karena kitanya bandel. Masih keingetan pas praktikum menggambar teknik, secara gw paling ngga sabaran dan sering bikin salah, gw suka nggertak dia dari belakang sehingga gambaran dia pun ternoda akibat gw kagetin :p. Dan satu lagi pengalaman yg gw gak bisa lupa adalah saking aktifnya gw di praktikum sampe baju belakang gw robek dan terpaksa pulang ke kampus pake jas lab hahahaha..

Seperti saat ini, dengan kondisi sedikit underpressure, gw kangen banget masa2 itu huhuhu...

No comments: