Sunday, January 20, 2008

Mengingat Seseorang..

Judul postingan diatas emang nyontek judul postingan teh Ophi beberapa waktu lalu.

Gw juga mo share tentang salah seorang guru gw. Beliau adalah wakasek SD gw. Pas gw SD dia suka ngelibatin gw di acara2 sekolah maupun luar sekolah. Kalo didalem sekolah misalkan buat acara2 akademik dan kalo diluar sekolah misalkan ada acara seminar atau ada acara meeting guru2, gw diajak buat bantuin ngerangkai bunga. Gw diajarin ngerangkai bunga sama beliau seawal gw SD kelas 4. Gw juga pernah dimarahi karena gw udah beli bunga yg kurang segar dalam arti kalo dipakai pagi sorenya dah bakalan layu. Apalagi buat milih mawar, duuh musti cari yg rada kuncup..

Beliau juga terkenal sebagai guru yang sangat disiplin dan beretika tinggi serta ketimuran banget. Rok seragam aja gak boleh selutut, harus 10 cm dibawahnya. Kalo kita ketemu beliau diluar sekolah dan kitanya lagi pake celana pendek, alamat deh dinasihat2i. Apalagi beliau pernah jadi tetangga gw pas gw kecil, yang notabene gw kecil suka banget pake celana jeans puuendek buat naek bike gw.. Beliau ngga segan2 marah kalo muridnya melakukan kesalahan kadang sampe beliau menangis, tapi beliau juga akan ngasih rewards yg luar biasa kalo kita mencipta sebuah prestasi.

Masih ingat saat beliau mengalami kecelakaan yg lumayan parah, sampe beliau ngga bisa jalan. Lututnya luka parah. Gw dan beberapa temen dihubungi dan disuruh beliau ke rumahnya. Disana beliau bilang kalo beliau ngga bisa ke sekolah dulu. Trus beliau membagi2kan tugas ke gw dkk buat diserahkan ke teman2 yang lain. Waktu itu gw heran kenapa beliau ngga nitipin tugas2 itu ke guru lain..

Setelah gw lulus SD, dan beliau juga pindah rumah ke daerah lain, gw ngga pernah lagi ketemu sama beliau. Apalagi setelah beliau dipercaya untuk menjadi kepsek salah satu SD di daerah gw. SMP, SMA, bahkan sampe kuliah sampe nikah dan beranak satu, gw ngga pernah ketemu beliau. Kira2 tahun 2006 pertengahan, gw diundang ke pernikahan temen baek gw, Nora di hotel Kusuma Agrowisata Batu. Kaget, gw ngeliat beliau dari jauh. Beliau nampak lain.. Dulu beliau ngga pake jilbab dan keliatan tegas. Sekarang beliau udah pake jilbab, nampak lebih lembut walau raut muka tegasnya masih tersisa. Gw hampiri beliau..

Gw : Assalamualaikum, Bu
Guru : Wa'alaikumsalam
Gw : Ibu ingat saya?
Guru : Siapa yah? *bingung*
Gw : Bu, saya Greiche.. Murid Ibu waktu SD..
Guru : *menangis sesenggukan* Subhanallah.. Kamu sudah pakai jilbab. Ibu sampai ngga mengenali..
Gw :*sesak*
Guru :Sekarang Greiche dimana? Masih di Bogor?
Gw : Ngga bu.. Saya sementara sedang ikut suami sekolah di Malaysia..
Guru : *masih menangis* Papa sama Mama mana?
Gw : Papa Mama sedang disana Bu.. *nunjuk salah satu sisi gedung dimana bokap nyokap gw berada*
Guru : Baik2 yah nak.. Semoga kamu sukses dunia akhirat..
Gw : Amin.. Terima kasih Bu.. terima kasih telah membelajarkan saya banyak hal ketika saya masih kecil..

Setelah itu kamipun berpisah.. Entah kapan lagi bisa ketemu. Insya Allah suatu saat nanti kalo umur kami masih ada, kami akan saling ketemu lagi...


Postingan ini ditujukan buat guru SD gw, namanya Ibu Murti Asiah. Kebetulan beliau adalah adiknya Pak Moerdiono, bekas mensesneg RI. Tapi beliau tidak pernah menunjukkan identitasnya sebagai adik seorang menteri kala itu.

No comments: