Monday, November 28, 2005

Jadi ini toh..Zebby sayang?

Seminggu yang lalu gue lumayan puyeng..Dalam beberapa hari lalu itu, Zebby jadi hobi banget nangis yang gak jelas, rewel, mulai suka mukul dan mogok makan..Yah sebagai ibu, gue ngerasa ada sesuatu yang gak beres sama Zebby itu..takutnya ngerasa sakit kek, atau apa gitu, tapi badan dia gak menunjukkan adanya gejala-gejala sakit..
Wis..sekarang yang diatasi dulu adalah sikap negativitasnya (mulai suka mukul).
Berdasarkan info yang gue dapetin, sikap negativitas pada toddler dimulai sejak usia kira-kira 1.5 sampai 2.5 tahun. Jadi hal tersebut akhirnya gue anggap wajar, tapiii... gue harus mulai mengarahkan dia..Soalnya kalo dibiarin aja, gue takut jadinya malah gawat. Misalkan jadi gak terkendali gitu.
Gue dan suami udah sepakat banget gak akan ada kekerasan dalam memberikan hukuman buat anak, tapi kita pengen anak itu ngerti kalo apa yang kita kasih ke dia merupakan konsekuensi atas apa yang telah dia lakukan. Gak hanya punish aja, kalo dia melakukan sesuatu yang bagus, kita akan ngasih dia rewards.
Akhirnya kita coba untuk masukkin dia ke kamar tidur dia sambil ditutup pintunya setiap kali dia berusaha mukul kita. Emang...dia nangis banget,tapi kudu rada ditega-tegain demi untuk dia juga. Hari pertama berlakunya hukuman itu aja, dia kita masukkin sampai 5 kali loh..yah nangis keras gitu..
Ajaib!!..Besoknya dia mukul kita cuma sekali..Rupa-rupanya dia tahu kalo dia mukul ayah dan bunda, dia akan dapet hukuman itu. Hari itu juga, dia dimasukkin ke kamar sekali aja..abis nangis, dia langsung meluk gue..Sakit rasanya buat gue ngeliat hal ini, sebenarnya gue ngga tega ngelakuin kayak gitu..but it's for her best...Dan sejak hari ketiga sampai detik ini (kira-kira sudah seminggu) dia sama sekali gak pernah mukul kita. Kita juga ngasih dia penjelasan.."That's not good, Zebby..You may not do that to Ayah and Bunda. It's not polite.." Berkali-kali kita jelasin itu ke dia. Untungnya dia memang sudah agak faham sama apa yang kita omongin ke dia meskipun kalimatnya agak kompleks.
The day has changed..Sejak saat itu, Zebby jadi seorang yang cheers banget..Gue ngeliat dia sebagai sosok yang lebih gede. Dia lebih banyak senyum dan ketawa, bisa maen kejar-kejaran sama kita..makan dia juga berangsur-angsur pulih dan gue ngeliat ada kemajuan yang luar biasa sama perilaku Zebby..Dia kayak bukan baby lagi..tapi udah tumbuh jadi little girl..Ohh Zebby..my good girl..Gak ada lagi perang waktu mandi dan gosok gigi, ganti nappy, makan dan nidurin dia. Everything was going back....
Dia juga semakin bisa mengekspresikan diri kalo dia sayang banget sama kita..Pas lagi maen, tiba-tiba aja dia peluk gue erat-erat..kadang ke ayahnya juga..Yang jelas hari-hari gue makin indah..
Sebenarnya ada juga pendapat yang mengatakan bahwa kalo anak kita rewel, mungkin karena mau bisa sesuatu. Itu kata orang tua kita dulu loh... tapi di Malaysia juga ada pendapat kayak gitu..Mereka bilang si baby mau ringankan badan dia karena mau bisa sesuatu. Apa si Zebby lagi ngalamin fase itu? Gue juga ngga tau..Tapi Alhamdulillah sekarang Zebby sudah makin ngerti mana yang baik dan ngga..dan juga semakin faham apa yang kita ajarin ke dia..
Oya, di usia dia 20.5 bulan ini, dia udah lumayan lancar nyebutin abjad dan berhitung 1-10..Once more, Alhamdulillah.....Thanks for that, my Almighty Allah....

3 comments:

Cerita Kita.. IrmaYogaAssyifa said...

hehehe baru ngerasain nikmatnya jadi ibu ya Ge.. :)
kalo aku, setiap kali naik darah krn syifa rewel ato manja pgn sama aku terus, aku selalu ngingetin diri sendiri kalo bbrp belas thn lagi anakku ini bisa jadi udah punya pacar ato teman2 yg bikin dia jadi jarang di rumah brg2 aku.. hehehe.. jadinya ya ga jadi marah dan bener2 manfaatin waktu bareng dia semaksimal mungkin gituh! :)

Gege said...

Bener tuh mbak..Ternyata ibu kita dulu kayak gini yah...:)
kalo dipikir-pikir lagi,betul banget apa yang mbak bilang,mungkin cuma sebentar kali kita ngerasa dia milik kita ya?
Sekarang Zebby jauh lebih baik,jadi malah kayak temen..mudah2an kita selalu dikasi anak2 yang solehah sama Allah ya mbak?...

erfi said...

Emang susah-susah gampang ngadapin tingkah laku anak ya Ge.. kalo nakal trus dimarahin pasti setelah itu perasaan ngga enak.. spt ada rasa bersalah sama anak.. padahal anak emang harus dikasih tau dari dini tentang mana yg boleh dan mana yg ngga boleh..

pa lagi Izqa nih.. kalo dah mainin hp-ku misalnya trus kebanting ama dia.. wahh suara dah sampe ke langit kali.. dia sih kaget liat aku marah.. tapi ngga lama abis itu pasti manggil dg suara mungilnya, "mammaaa... mammaaa..." dengan tampang lugunya... huhuhu, ngga tahan.. pasti langsung aku peluk sambil nyiumin pipinya deh.. :P