Friday, November 14, 2008

Profesi Ibu RT

Sebagian orang memang menganggap profesi ibu Rumah Tangga (RT) adalah bukan apa-apa dibandingkan dengan profesi yg bersifat karir. Dan sayangnya lagi banyak yang menganggap bahwa kerjaan ibu RT ngga ada apa2 kalo dibandingkan dengan orang kerja kantoran. Kalo saya sih salut banget bisa ngeliat temen2 yang berkarir dan tetep bisa mengurus keluarga dengan baik. Two thumbs up deh.. Misalkan kayak Mutia, Evan, Ochie, Mbak Ninie..

Jadi inget kata2 almarhumah teh Inong, bahwa ibu RT tuh, kerjanya hampir 24 jam. Apalagi yg juga kerja kantoran, pasti 24 jam kurang kan buat ngerjain kerjaan rumah plus kantor? Tapi yang jelas, kerjaan seorang Ibu RT bukanlah hal yang mudah terutama untuk orang yang ngga punya asisten kayak saya. Lah yg punya asisten aja, kayak bespren saya yang di Kamwar sana, calon besan saya yg mo pindah ke Perth bulan depan *ihiks*, Vina.. sibuknya ngujubileh kalo lagi weekdays. Mulai nganter calon mantu saya dan adeknya ke sekolah, nganter akang ke kantor, nyiapin makanan, belom acara sama ibu2, jemput lagi anak2 dan akang.. Bener2 kusir sejati kamu yah say? hihihi...

Ohiya, kenapa tiba2 saya posting kayak gini? sebenernya mo dibilang kesel, kesel.. mo dibilang tersinggung yah tersinggung. Cuma ya udahlah.. Mungkin udah jadi tabiat dia.
Saya punya temen di sini, seorang wanita juga, yang sepertinya agak suka meremehkan pekerjaan ibu RT. Yang saya kurang suka, kadang dia bertamu jam 9 pagi saat zebby dulu berumur 2 tahun. What a busy day kan kalo jam segituan. Saya harus ngehandle zebby, saya harus masak, beberes rumah.. Gimana ngga puyeng kalo kedatengan tamu jam segitu sementara dia ngga ada hal yang urgent, cuma mo ngerumpi sama saya.. Haduuuhhh... senewen banget kalo dah gitu. Hal kayak gitu bukan sekali dua kali loh...

Beberapa kali dia ngomong dan melakukan sesuatu yang sedikit nyakitin hati saya, tapi saya sering anggep itu emang udah tabiat dia. Tapi sore ini beda dikit. Saya uprekan di bawah, beresin maenan zebby, trus ke dapur ada yg musti dikerjain. Saya liat di HP saya ada 15 missed call darinya. Wuih kaget banget, kok sampe 15 kali, takutnya ada apa2 gitu. Ya udah saya call dia balik dan dia bilang gini..
"Wuaduuuuhhh susahnya yaaaaa nelpon Gege ini, tak pikir orang Indonesia apa sih ini...?"

Gilaaa yah, saya kasih salam pas nelpon dan dia ngomong gitu.. Langsung deh kepala saya mendadak berasap. Saya jelasin aja ke dia bahwa saya tuh lagi ada kerjaan rumah. Pas saya nanya ada apa, ternyata dia cuma bilang bahwa ada orang Iran mau ngolahin data penelitiannya ke MA. Pas saya nanya, kenapa kok ngga nelpon MA langsung, dia bilang ngga punya no HP MA. Damn!
Saya pikir dia ada hal yang darurat sampe nelpon 15 kali gitu. Akhirnya saya bilang kalo nanti saya akan kirim alamat email MA ke HP dia. Tapi dari awal saya dah ketus jadinya ngomong sama dia. Untung HP saya ada software Spy Call, jadi orang serumah saya dengerin hasil pembicaraan saya dengan dia, dan serumah kesel banget sama dia.

Karena kali ini saya dah ngga bisa cuek, dengan rasa tidak menyesal saya kirim SMS ke dia begini:

"xx, lain kali jangan ngomong kayak gitu kalo saya ngga angkat telpon. Meskipun saya cuma ibu rumah tangga, tapi saya ngga diem aja. Jangankan xxx, telepon dari ortu saya aja kadang ngga keangkat. Banyak kerjaan yang harus saya lakukan untuk keluarga saya. Alamat email MA xxxxx@xxxxx.xxx."

Huah.. saya lega. Saya cuma mau ngasih tau kalo yang namanya ibuRT tuh gak hanya ongkang2 kaki, arisan, jalan2... Haloooo, kalo saya tu Ibu RT macem kek gitu, suami sama anak saya bakalan protes dikasih makan hasil masakan warung terus.. Saya sih berusaha semaksimal mungkin mengabdikan diri saya buat keluarga, insya Allah saya gajiannya gak sekarang, saya cuma ngarepin gaji dari Allah aja nanti di akhirat.

No comments: